Cawabub Ahmad Baharudin Bersama Kelompok Tani Sobontoro Menggelar Tashukuran Atas Reseki Yang Tuhan Limpahkan

Daftar Isi




Tulungagung,-Indometro.Id- Menjelang panen raya, dan sebagai bentuk syukur atas rejeki yang dilimpahkan dari Tuhan YME, Kelompok Tani desa Sobontoro kecamatan Boyolangu kabupaten Tulungagung menggelar tasyakuran petik padi, Senin siang (16/9/2024).


Dalam kegiatan tersebut dihadiri Calon Wakil Bupati Ahmad Baharudin, yang juga pasangan dari Calon Bupati Gatut Sunu Wibowo. Tasyakuran tradisi petik padi tersebut ditandai dengan selamatan yang dipimpin tokoh masyarakat setempat, dihadiri puluhan masyarakat petani desa Sobontoro.


Cawabup Ahmad Baharudin berharap, petani lebih inovatif dalam meningkatkan produksi padi agar Kabupaten Tulungagung pada umumnya tetap menjadi kawasan lumbung padi di tingkat nasional.


“Salah satunya dengan mengatur jadwal tanam padi agar terhindar dari serangan hama dan penyakit serta mengoptimalkan pemakaian pupuk organik, sehingga tidak tergantung pada pupuk kimia,” tuturnya.


“Tradisi ini merupakan kearifan lokal dan budaya Jawa yang adiluhung sehingga perlu dilestarikan,” ujar Baharudin.


Sementara itu Anshori Ketua kelompok tani,mengatakan bahwa tradisi petik padi tersebut digelar sepekan menjelang panen, sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki dari sang pencipta.


“Kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur, karena tanaman padi tetap tumbuh subur di tengah kelangkaan pupuk dan cuaca buruk. Alhamdulillah, petani di desa Sobontoro masih bisa panen dengan hasil bagus,” tuturnya.(A

Posting Komentar



#
banner image