Kisah Nenek dan Kakek Bisa Naik Haji Gara-gara Selipan Uang di Buku

Daftar Isi
image_title
Ahmad Fatoni Syafii dan Nasifah Solehah
INDOMETRO.ID– Hidup pasangan suami-istri Ahmad Fatoni Syafii dan Nasifah Solehah, tergolong pas-pasan. Tapi hal itu tak menyurutkan kebiasaan mereka membantu orang lain. Buahnya tahun ini. Fatoni-Nasifah dipanggil Allah menjadi tamu-Nya. Mereka naik haji.


Fatoni (76 tahun) dan Nasifah (66 tahun) merupakan pasangan yang sepanjang hidupnya menjadi abdi dalem Pesantren Ash-Shiddiqiyah Kabupaten Jember, Jawa Timur.


Di kompleks pesantren itu, mereka tinggal di sebuah rumah kecil yang disediakan pesantren. Selain mengabdi di pesantren, Fatoni juga menjadi guru ngaji dari rumah ke rumah warga sekitar pesantren.

Sementara istrinya, Nasifah, menjadi guru taman kanak-kanak yang dikelola Pesantren Ash-Shiddiqiyah. Nah, dari menyebarkan ilmu itulah Fatoni mendapatkan rezeki tanpa tarif.
"Saya tak pernah minta, tapi dikasih begitu saja," kata Fatoni kepada wartawan di Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 19 Juli 2018.
Kendati hidup paspasan, pasutri dengan enam anak itu gemar membantu orang tak mampu. Keluarga Fatoni bahkan punya agenda rutin tiga bulan sekali bersedekah kepada para janda dan anak yatim di lingkungan masyarakat dekat mereka tinggal.
Fatoni mengaku tak pernah menghitung berapa duit disedekahkan setiap agenda rutin ia lakukan. Dia masukkan begitu saja uang ke dalam amplop tanpa dihitung, lalu di serahkan kepada yang berhak.
loading...
“Jadi, setiap punya uang saya masukkan amplop sampai ngumpul 80 amplop. Ya, sudah diberikan," ujarnya.
Keluarga Fatoni juga kerap membantu anak-anak nyaris putus sekolah karena tidak punya biaya. Kadang bantu menebus ijazah, membelikan seragam, membantu bayar pendaftaran sekolah anak tak mampu.
Dia juga ringan meminjamkan uang kepada orang yang betul-betul butuh. Tak pernah berpikir uang itu akan kembali atau tidak. 
"Saya pernah itung jumlah uang yang saya pinjamkan pada teman. Setelah diitung, ternyata banyak juga, tiga puluh lima juta rupiah," kata Fatoni.(viva)

Posting Komentar



#
banner image