Kelenteng Shing ho toa Gelar Sembahyang Bersama Dalam Peringatan HUT Dewi Maco Niu-Niu

Daftar Isi

Tanjungbalai, Indometro id - 

Perayaan ulang tahun Dewi Maco Niu-Niu berlangsung selama dua hari, Kamis dan jumat (11-12/05/2023) di kelenteng Shing ho toa Jalan Hamdoko/istirahat,Kelurahan karya, Kecamatan Tanjungbalai selatan, kota Tanjungbalai. Perayaan dilakukan secara sederhana aja.

Ketua Yayasan Akang kepada wartawan mengatakan, ulang tahun Dewi maco Niu-Niu  berlangsung secara sederhana selama dua hari. Umat yang datang hanya melakukan sembahyang, tidak ada acara kesenian.
"Pada hari pertama sembahyang bersama dimulai pukul 18.00 WIB. Sedangkan hari kedua sembahyang bersama dimulai pukul 00.00 WIB. Umat yang datang berasal dari Medan,jakarta, Surabaya,bagan siapi-api, pulau halang,panipahan dan kelenteng Ki Ong Keng Tanjungbalai juga ikut tambahnya didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan HUT Dewi maco Niu Niu Joni tanoto
Dikatakannya, Maco niu-niu merupakan dewi yang mengobati orang sakit dan melindungi masyarakat nelayan . "Perayaan dilaksanakan setiap tahun, namun dua tahun kemarin terhalang pandemi Covid-19 dan tahun ini dirayakan secara sederhana," jelasnya.

Bagi umat yang datang,bapak Kho maguan menghimbau untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Di antaranya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Salah seorang umat bernama ibu Athing warga jalan juanda kepada Indometro mengatakan, Ia datang ke Vihara Shing ho toa bersama keluarga untuk sembahyang bersama dalam memperingati HUT Dewi maco Niu Niu.

"Semoga Kita semua mendapatkan kesehatan yang baik, keselamatan dan rezeki yang berlimpah,dan ekonomi membaik ," pinta Dewi lie  dalam doanya  di kelenteng Shing ho toa 

Sementara itu, perkumpulan saudara yang hadir bapak masiong pada sembahyang bersama mengharapkan umat diberkahi dan diberi kesehatan, keselamatan, rezeki dan membawa kebahagiaan bagi keluarga. "Kita berharap ekonomi membaik sehingga perayaan ulang tahun Dewi maco Niu-Niu dapat berlangsung lebih meriah," jelasnya.

Selain sembahyang, kelenteng Shing ho toa akan mengadakan Hiang Keng,kue ho Kuang dan sembahyang lam tau pak tau  untuk masyarakat sekitar pada jumat (12/05).
setelah acara selesai warga Khonghucu merayakan makan bersama di Kelenteng Shing ho toa

Ma cu Niang Niang (maco Niu Niu - Hokkian) secara umum disebut ma co po. Hari lahirnya diperingati pada tanggal 23 bulan 3 Imlek. Dewi ini mempunyai tugas khusus, mengobati orang sakit dan melindungi warga nelayan.


@mr.rudy

Posting Komentar



#
banner image