Soal Gaji Guru Dan ASN Macet Ini Kata BPKA Lampung Utara

Daftar Isi
Gambar Ilustrasi


Lampung Utara,Indometro.id-Ribuan guru dan ASN di lingkungan Pemkab Lampung Utara ternyata hingga kini masih belum menerima gajinya. Padahal, ASN lainnya telah ada yang menerima gaji sejak pekan lalu.


“Alhamdulillah, sampai saat ini belum gajian,” kata salah seorang guru di sana, Senin (19/6/2023).


Keberadaan gaji tersebut sangat diperlukan olehnya dan para ASN lainnya. Sebab, hanya dengan begitulah, dapur mereka dapat terus ngebul. Sementara ini pun mereka harus berhutang untuk menyambung hidup.


“Yang repotnya itu kalau ada sangkutan dengan pihak leasing motor atau mobil, mereka kan enggak mau tahu kalau gaji kami memang belum dibayar. Kami bisa masuk daftar hitam,” terangnya.


Keluhan serupa disampaikan oleh ASN lainnya yang juga menolak disebutkan namanya. Padahal, mereka sangat membutuhkan gaji tersebut untuk menghidupi anak-istrinya.


“Terpaksa minjam sana – sini. Kalau enggak, enggak bisa makan anak-istri di rumah,” jelasnya.


Menyikapi keluhan tersebut, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Lampung Utara menyatakan, akan segera menyalurkan gaji guru maupun ASN. Paling cepat penyalurannya akan dilakukan pada Selasa (20/6/2023).


“Hari ini sedang diupayakan, tapi paling cepat, gaji itu disalurkan besok,” terang Sekretaris BPKA Lampung Utara, Wahyu Buntoro.


Wahyu menuturkan, kebanyakan ASN yang belum menerima gaji itu berasal dari instansi yang mengalami perubahan nama atau dari instansi baru. Akibatnya, terdapat proses administrasi yang harus diselesaikan terlebih dulu sebelum penyaluran gaji dapat dilakukan.


“Perubahan nomenklatur berimbas pada adanya perubahan administrasi lainnya. Inilah mengapa kebanyakan gaji yang belum dibayar itu berasal dari instansi baru atau instansi yang berubah nama,” kata dia.

Posting Komentar



#
banner image