Tingkatkan Respon Tanggap Darurat HSSE RU VI Gelar Rescue Drill

Daftar Isi

 


Indometro.id, indramayu - Fungsi HSSE Bagian Emergency & Insurance PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan menggelar Rescue Drill. Upaya itu untuk memastikan kesiapan dan kesiagaan anggota HSSE RU VI Balongan dalam mengatasi keadaan darurat.


 


Kegiatan rescue drill tersebut dilaksanakan di Unit AHU RU VI Balongan dengan melibatkan anggota HSSE dari Fireman, Health, Security, Operator kilang dan Pekerja Kontraktor.

 

Diskenariokan dalam rescue drill tersebut sala satu pekerja kontraktor yang sedang melakukan pekerjaan overhaul dalam ruang terbatas (Confined Space) pada ketinggian 10 meter mengalami kekurangan oksigen dan pingsan.

 

Selanjutnya, korban dievakuasi dengan menggunakan metode Vertical Rescue yang meliputi 2 teknik utama yaitu Teknik Penjangkauan Korban dan Teknik Evakuasi Korban.

 

Kemudian, korban diberikan pertolongan pertama lalu dibawa ke poliklinik kilang dan pada akhirnya korban berhasil diselamatkan.

 

Section Head Emergency & Insurance, Rudi Hermawan Catur Putra menjelaskan tujuan dari rescue drill adalah untuk mengkaji kesigapan pekerja dalam hal ini anggota HSSE dalam upaya untuk menyelamatkan nyawa pekerja yang mengalami kecelakaan kerja.

 

“Aspek HSSE harus menjadi prioritas utama dalam suatu pekerjaan untuk mewujudkan produktivitas perusahaan,” kata Rudi dalam keterangannya, Selasa (13/6/2023).

 

Adapun terkait pelaksanaan rescue drill yang dilaksanakan dengan menggunakan metode Vertical Rescue mempunyai tujuan utama meningkatkan harapan hidup dari korban kecelakaan kerja.

 

Karena dengan menggunakan metode vertical rescue, kata dia tindakan evakuasi dapat dilaksanakan lebih cepat. Hal ini merupakan salah satu inovasi HSSE RU VI dalam mewujudkan komitmen menciptakan lingkungan kerja yang aman.*

Posting Komentar



#
banner image