Umat Islam Padati Shalat Idul Adha Dan 868 Hewan Qurban Disembelih Di Kota Tebing Tinggi

Daftar Isi


Tebing Tinggi,(Indo Metro).-

Pelaksanaan shalat Ied Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 diselenggarakan Pemerintah Kota Tebingtinggi di Lapangan Merdeka Jalan Dr.Sutomo Kamis (29/6/2023). Selain di Lapangan Merdeka, Sholat Idul Adha juga dilaksanakan di 192 Masjid yang tersebar di 5 kecamatan kota itu.


Shalat Ied Idul Adha di Lapangan Merdeka diikuti antara lain Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, M.Si, unsur Forkopimda, OPD, serta ribuan umat Islam.


Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi, Syarmadani mengatakan, bahwa momentum Idul Adha 1444 Hijriah merupakan pelaksanaan ibadah selain ketaatan kepada Allah dan ibadah sosial.


"Kami sangat berharap, ini juga menjadi momentum bagi kita semua sebagai bentuk kesadaran bersama, bangkit bersama pasca kita menghadapi berbagai cobaan baik sifatnya terkait pandemi Covid-19, terkait inflasi dan berbagai permasalahan lain, mudah-mudahan dengan kebaikan ini kedepan kehidupan kita semakin baik," harap Pj. Wali Kota.



Prof. Dr. H. Ansari Yamamah, MA Guru Besar UINSU Medan dalam khutbahnya mengatakan, ibadah Haji atau ibadah qurban memberikan pesan yakni kita harus menjadi orang-orang yang berani, jujur dan adil dalam menegakkan kebenaran dan mencegah segala kemungkaran. 


"Oleh karena itu, orang-orang yang beriman sesungguhnya merekalah yang dapat memegang kunci keadilan itu.Kemudian agar orang-orang yang beriman itu mempunyai kepedulian sosial, mempunyai rasa persaudaraan, rela untuk berbagi kebahagiaan"tandasnya.


Diuraikan juga,bahwa dialog spiritual antara Nabi Ibrahim dan Ismail AS serta dihadiri oleh Siti Hajar, mengajarkan ada dialog yang berbeda antara 2 generasi. Generasi muda yang mempunyai rasa hornat kepada orang tua, rasa hormat kepada pemimpin, mendidik mereka, mempunyai rasa kasih sayang.


"Dan tentu juga peristiwa ini mengajarkan bagaimana mengajar generasi muda kita, generasi yang benar siap dengan kekuatan iman, persaudaraan, kepedulian, ilmu pengetahuan menghadapi perubahan jaman digitalisasi yang berkembang pesat hari ini," ujar Prof H Ansari Yamamah.



Setelah mengikuti shalat Idul Adha, Pj. Wali Kota bersama Pj. Sekdako dan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra mengikuti penyembelihan hewan qurban sebanyak 3 ekor sapi di halaman parkir Balai Kota.


Pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 ini, sebanyak 868 ekor hewan qurban yakni 689 ekor lembu dan 159 ekor kambing disembelih pada 5 kecamatan yang ada Kota Tebing Tinggi.Hewan qurban tersebut berasal dari berbagai instansi serta para umat Islam yang melakukan ibadah qurbannya.(Dy Hart).-

Posting Komentar



#
banner image