Kapolres Tebing Tinggi Hadiri Upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke-78

Daftar Isi


Tebing Tinggi, Indometro.id -

Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon S.I.K, M.K.P menghadiri upacara peringatan HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia ke–78 oleh Pengadilan Negeri Tebing Tinggi di kantor Pengadilan yang terletak di Jalan Merdeka, Kota Tebing Tinggi, Sabtu (19/8/2023) dengan mengusung tema "Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan yang Agung".

Kegiatan upacara dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Tebing Tinggi, Cut Carnelia, SH.,MM., sementara Pemimpin Upacara dilaksanakan Staf Kepaniteraan Mhd. Henri Saputra, SH.

Dalam amanat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H.M. Syarifudin.SH.MH yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Tebing Tinggi, Cut Carnelia, SH.,MM mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-78 Mahkamah Agung RI sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan yang maha kuasa, peringatan hari ulang tahun ini bukan hanya sekedar prosesi seremonial yang setiap tahun dilaksanakan namun lebih dari itu peringatan ulang tahun ini harus dijadikan sebagai momentum untuk mengevaluasi kembali apa saja yang telah dilakukan serta apa rencana kedepan untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada.

"Peringatan hari ulang tahun ke-78 Mahkamah Agung ini mengusung tema "Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan yang Agung" yang mengandung pesan mendalam bagi kita semua bahwa integritas adalah tolak ukur utama dalam mewujudkan badan peradilan yang agung.
Perjalanan menuju visi terwujudnya badan peradilan yang agung bukanlah perjalanan mulus tanpa rintangan melainkan seperti mendaki sebuah tebing yang terjal sehingga perlu upaya dan perjuangan yang keras untuk bisa sampai ke puncak yang kita tuju," paparnya. 

Oleh karena itu, tuturnya, saya meminta kepada seluruh warga Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahannya untuk menjadikan hari jadi yang ke-78 Mahkamah Agung RI ini sebagai titik balik kebangkitan lembaga peradilan dengan melakukan gerakan perubahan menggunakan pola 3 M, yaitu Mulai dari diri kita sendiri, Mulai dari hal yang terkecil dan Mulai dari sekarang.

Bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-78 ini pada tanggal 18 Agustus 2023 kemarin Mahkamah Agung telah meluncurkan 5 Aplikasi baru yaitu Smart Majelis Aplikasi Robotika  berbasis kecerdasan buatan untuk memilih majelis hakim secara otomatis, Courd live streaming aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk menyaksikan pembacaan Amar putusan kasasi dan peninjauan kembali secara langsung, Satu Jari Ditjen Badilum aplikasi pada direktorat jenderal badan peradilan umum untuk melakukan pemantauan kinerja pengadilan di seluruh Indonesia secara terintegrasi. 

Selanjutnya, Lentara Versi 2.0 aplikasi yang berfungsi untuk mengelola proses promosi dan mutasi hakim di lingkungan peradilan umum, E- IPLANS aplikasi untuk melakukan perencanaan anggaran pengelolaan hibah dan pengelolaan organisasi secara berjenjang dari satuan kerja tingkat pertama hingga di Mahkamah Agung, Aplikasi tersebut melengkapi dari sekian banyak aplikasi yang telah kita luncurkan sebelumnya sebagai penunjang kemudahan bagi pelaksanaan tugas aparatur dalam memberikan pelayanan yang transparan dan akuntabel.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara seremonial bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Kota Tebing Tinggi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj. Walikota Tebing Tinggi,Drs. Syarmadani, M.Si, Pj. Sekda Kota Tebing Tinggi, H. Kamlan Mursyid, SH.MH, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi, Basyaruddin Nasution, SH.MH, Ketua Pengadilan Agama Tebing Tinggi Ridwan Harahap, SH,MH, Danramil 13 Tebing Tinggi, Kapten Inf. Yudi Chandra, Wakil Ketua Pengadilan Agama Tebing Tinggi, Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI.,MH, mewakili Kalapas Kelas II B Kota Tebing Tinggi, Kasi Binadik dan Giatja, Ronny Steven Hutapea.


(AS/IY)

Posting Komentar



#
banner image