MPC Srikandi Pemuda Pancasila Juara Umum Karnaval dalam Memperingati HUT RI ke -78 di Kabupaten Lumajang

Daftar Isi



Lumajang,indometro.id.Sabtu,26/8/2023.Mpc Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang  menjadi juara umum Karnaval  untuk memperingati HUT RI ke 78 yang digelar di Kabupaten Lumajang ,Kamis,24/8/2023.

Mpc Pemuda Pancasila Lumajang menampilkan berbagai macam budaya, seperti  kisah pewayangan,tari topeng Kaliwungu yang mengambil start dari jalan Alun-alun Timur depan kantor pemda Lumajang dengan finish Tugu Adipura di Lumajang.

Srikandi Pemuda Pancasila menampilkan  Seni wayang dengan cerita "Bala Dewa Perang Tanding",yang di perankan oleh Ketua Srikandi  Erna dan pemuda Pancasila sebagai bala dewa. 

Baladewa diyakini sebagai putra angkat Sanghyang Basuki, dewa keselamatan. Ia berumur sangat panjang. Setelah selesai perang Bharatayuda, Baladewa menjadi pamong dan penasehat Prabu Parikesit, raja negara Astina setelah Prabu Kalimataya dengan gelar Resi Curiganata.

Pada seni kriya wayang purwa Jawatimuran, peraga wayang Baladewa diwarnai putih sesuai dengan kulitnya bule termasuk warna wajahnya juga putih. Sedang pada wayang Surakarta dan Yogyakarta raut wajah baladewa dilukis dengan warna merah untuk menggambarkan wataknya yang pemarah.

Cerita yang diambil dari kisah pewayangan ini membuat Srikandi Pemuda Pancasila menjadi juara umum.Baik cerita,kreasi bahkan hiasan mobil membuat juri bahkan penonton terpukau di buatnya .Tata letak,dekorasi sesuai dengan cerita. 

Karnafal 2023 sukses dengan Gilang gemilang . Rasa haru yang tak terkira membuat letih dan lelah tak terasa bagi Srikandi Lumajang,karena dapat meraih dan  membawa pulang prestasi ini.

"Kami bangga  dapat berpartisipasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Erna mengaku bangga bisa memperoleh juara umum meskipun persiapannya hanya dalam kurun waktu 3 Minggu .



“Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas apa yang di capai Srikandi  Lumajang,baik cerita  perjuangan kami memperoleh hasil yang baik, walau persiapan yang dilakukan hanya sebentar.

Erna melanjutkan, bahwa tahun ini Karnafal Srikandi mendapatkan suatu kemajuan daripada tahun kemarin .Penampilan penari topeng Kaliwungu oleh Srikandi Lumajang juga sangat mengesankan,begitu lincah bak penari sungguhan.

“Harapan saya kegiatan positif ini akan terus berlangsung dan InsyaAllah tahun depan juga memperoleh  kemenangan  dan kami terus berusaha menjadi yang terbaik dalam semua Giat yang melibatkan Srikandi Pemuda Pancasila baik dari segi keimanan, keilmuan, akhlaq bahkan saling bahu membahu dalam kegiatan sosial.


“Kami turut senang mengapresiasi acara ini, karena acara ini bentuk  kepedulian terhadap budaya lokal,ungkap Yani  salah satu Srikandi Lumajang.(D.S)

Posting Komentar



#
banner image