Pekan Literasi Aceh Tenggara Berlangsung Meriah

Daftar Isi

Aceh Tenggara Indometro.id -Dalam rangka Pelaksanaan Program Peningkatan Kegemaran Membaca untuk Membangun Budaya Literasi Generasi Muda di Aceh Tenggara. Dinas Perpustakaan Kabupaten Aceh Tenggara menyelenggarakan kegiatan berbagai macam perlombaan yang melibatkan siswa dari Tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Pelaksanaan Kegiatan Literasi ini berlangsung selama 4 (empat) hari dan disambut antusias oleh peserta dan berlangsung dengan meriah.





Untuk  tingkat TK/RA lomba Mewarnai,   SD/MI lomba Bercerita, SMP/MTs lomba Mengarang dan untuk tingkat SMA/MA lomba Baca Cerpen. Kegaiatan Lomba Bercerita dan Baca Cerpen dilaksanakan di Lapangan Jend. A. Yani bersamaan dengan penyambutan perayaan HUT Ke-49 Kabupaten Aceh Tenggara beberapa waktu lalu. Sedangkan lomba menggambar/mewarnai dilaksanakan di Kantor Dinas Perpustakaan Agara dan lomba mengarang dilaksanakan di Gedung  Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Tenggara.



 

Kegiatan ini diikuti 200 peserta, karya peserta dinilai oleh Dewan Juri dari kalangan akademisi, praktisi dan professional. Juri lomba Baca Cerpen; Mahadi Pinem, M. Rasadi, S.Pd, M.Pd, dan Rabimah, S.Pd, juri lomba Bercerita; Drs. Ansor Tambunan, M.Pd, Sufian Suri dan Ernawati, S.Pd, juri lomba mengarang; Sukri, S.Ag, MA, Qarnain Musra, M.Ag dan Misnawati, S.Pd dan juri lomba mewarnai; Amarin, S.Pd, Narni, S.Pd dan Dian F. Anshary, S.Pd. 




Setiap perlombaan dibagi menjadi dua babak, babak penyisihan, kemudian lima peserta terbaik berhak masuk ke babak final untuk menentukan juara 1, 2, 3,  harapan 1  dan harapan 2.




Bagi Peserta disediakan uang transport, makan dan minum selama perlombaan dan bagi pemenang lomba disediakan hadiah berupa Piagam, Tropy dan Uang Pembinaan.



 
 
Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Aceh Tenggara M. Rasadi, S.Pd, M.Pd (Minggu; 27 Agustus 2023) menyebutkan bahwa Kegiatan Pekan Literasi Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2023 bertujuan untuk menggali dan  menumbuhkembangkan bakat / minat anak sejak usia dini dalam hal membaca, menulis dan bercerita, selain itu  serta menciptakan lingkungan ramah literasi di Dinas Perpustakaan Kabupaten Aceh Tenggara. Adapun sumber dana kegiatan ini berasal dari DAU PMK 212 bidang Pendidikan Tahun 2023.



Ditambahkan oleh Sekretaris Disperpus Agara (Qarnain Musra, M.Ag), kegiatan literasi ini sangat penting bagi generasi muda di Aceh Tenggara mengingat budaya literasi dan kegemaran membaca masyarakat yang masih rendah, program literasi ini diharapkan mampu meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat Aceh Tenggara sehingga kegiatan ini menjadi agenda tahunan Dinas Perpustakaan Agara.








Sumber perpustakaan
Penulis (Saidul)

Posting Komentar



#
banner image