Kemerianhan Peringatan Maulid Nabi Di Gampong Alue Merbo Kecamatan Darul Aman

Daftar Isi


Aceh Timur, Indometro. Id– Maulid atau kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan beragam cara dan kesemuanya itu merupakan representasi dari bentuk kecintaan ummat pada sosok teladan Rasulullah SAW. Lebih dari itu, esensi terpenting dari spirit peringatan maulid Nabi adalah semangat mencontoh pribadi Rasulullah.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Gampong Alue Merbo Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur tahun ini juga menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1445 H, di tingkat  Kampung. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2023 ini mengusung tema “Meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai bekal mewujudkan. Rabu 27 September 2023.


Dalam sambutannya,Imum Mukim Rambong Julian Syid ngatakan, sebagaimana kita ketahui bersama, kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan secercah cahaya dimasa jahiliyah, di masa itu kehadirannya membawa begitu banyak pembaharuan paradigma dan budaya. Tidak hanya berhenti di daratan arab pada zaman itu saja, namun berkah dan rahmat yang dibawa oleh Rasulullah masih dapat kita rasakan manfaatnya hingga hari ini.


“Oleh karena itu, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya, merupakan sebuah kegembiraan dan kebahagiaan tersendiri bagi umat islam, karena kehadiran Rasulullah di muka bumi, dapat di ibaratkan sebagai cahaya yang menerangi kehidupan manusia, termasuk kita sekalian, dalam menempuh jalan spiritual yang benar untuk menggapai ridha Allah SWT”, ujar Imum Mukim Julian 

Lebih lanjut Imum Mukim Rambong  mengatakan, teladan atas sikap Rasulullah hendaknya dapat kita wujudkan, dengan senantiasa mengembangkan sikap saling menghormati, berjiwa damai dan berkeadilan, serta bertoleransi dengan saudara kita yang beragama lain sebagai perwujudan hablum minannas.

“Selain itu, hendaknya kita mampu menumbuh kembangkan sensitivitas, kepedulian, dan komitmen untuk merawat lingkungan sekitar dengan sebaik baiknya, sebagai manifestasi dari hablum minal alam”, lanjutnya.

Di akhir sambutannya, mengajak semua yang hadir untuk melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar, serta mengatasi berbagai persoalan di darul aman. kita tercinta dengan lebih arif, bijaksana, siddiq, amanah, tabligh dan fatanah sebagaimana sifat nabi Muhammad SAW.

Dalam penyampaiannya keteladanan akan risalah mulianya sifat Rasulullah SAW yang ditunjukkan dengan 4 sifat utama beliau yaitu Shiddiq, Fathanah, Tabligh dan Amanah. Empat sifat Rasulullah bukan hanya istilah yang cukup dihafal saja, akan tetapi perlu dihidupkan atau diaplikasikan dalam bentuk sikap nyata. Shiddiq yang secara bahasa diartikan jujur, Amanah secara bahasa dimaknai dapat dipercaya, Tabligh yang diartikan menyampaikan, Selanjutnya Fathanah, yang berarti cerdas.

Dengan mengkaji kembali sifat-sifat Rasulullah tersebut, besar harapan generasi umat Islam dapat meneladani dan mencontohnya, menghidupkan tradisi atau sikap mulia dari Rasulullah, menjadikan sikap atau karakter Rasulullah sebagai sikap dalam pribadi sehari-hari.

“Semoga kita semua termasuk umat yang kelak mendapat syafa’at Rasulullah, semangat memperingati Maulid Nabi Muhammad semestinya menjadi semangat untuk menjadikan beliau sebagai teladan dalam hidup kita”, ungkap Juliyan Rasyid

Turut hadir dalam Acara maulid itu 4 Grup Anak Zikir dan 5 desa Perangkat Kampung beserta masyarakatnya.(RI) 
 

Posting Komentar



#
banner image