Pemda Mubar Salurkan BLT Di Kelurahan Tiworo

Daftar Isi

Keterangan Gambar: Pj Bupati Muna Barat Bersama Penerima BLT Kelurahan Tiworo. Foto(Amsir). 

LAWORO,. INDOMETRO. ID - Pemerintahan Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar)  melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pengendalian dampak inflasi daerah kepada ribuan keluarga penerima manfaat (KPM).


Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Pj Bupati Mubar  Dr. Bahri melalui Buku Rekening Bank Sultra secara simbolis kepada KPM, di gedung Koni Mubar (19/9/2023) 


Dalam sambutannya Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, BLT APBD merupakan wujud kehadiran Pemda Muna Barat dalam rangka mengatasi kemiskinan ekstrim, berdasarkan data angka kemiskinan di Muna Barat saat ini mencapai 13,86 persen atau 11.560 orang, dari 13,86 persen terdapat 3,89 persen kategori miskin ekstrem.


Pj Bupati Mubar Dr. Bahri menyampaikan, bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemda Mubar  kepada keluarga  tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok akibat Kemiskinan Ekstrim. 


Maka dalam konteks mengurangi beban pengeluaran masyarakat, pemda hadir dengan empat program yaitu pendidikan gratis, program kesehatan gratis, seluruh masyarakat miskin terdaftar sebagai pekerja rentan, dan hadirkan BLT APBD yang diberikan kepada masyarakat miskin yang ada di kelurahan.


"Kalau di desa ada BLT DD, maka pemda juga menyiapkan untuk masyarakat di kelurahan dengan BLT APBD, ini sudah dimulai sejak saya jadi Pj, sejak perubahan APBD 2022," ungkap Bahri, Selasa (19/9/2023).


BLT APBD ini murni berasal dari APBD untuk masyarakat kelurahan, sehingga Pemda Muna Barat memberikan perlakuan yang sama kepada masyarakat dan sekaligus mengurangi kantong kemiskinan.


Pembagian BLT APBD ini diperuntukkan oleh lima kelurahan yang ada di Muna Barat, masyarakat menerima bantuan layaknya BLT DD yaitu sebesar Rp 300 ribu per bulan selama setahun.


"Besaran BLT yang di bagikan daerah adalah Rp300 ribu per KPM yang akan diserahkan langsung secara tunai," ucapnyauca


Pihaknya, lanjut Pj Bupati Mubar Dr. Bahri, bekerja sama dengan Bank Sultra untuk menyalurkan bantuan BLT kepada para KPM.


"Saya harapkan dengan disalurkan bantuan ini masyarakat dapat menggunakan dengan bijak sehingga ekonomi  dapat berimbang", imbuhnya.


Lanjut, Kepala Dinas Sosial Muna Barat, La Ode Tibolo mengatakan, penerima BLT APBD ini diperuntukkan oleh masyarakat miskin yang ada di lima kelurahan, yang mana sebelumnya telah disalurkan di dua kelurahan yang ada di Kecamatan Tiworo Kepulauaan yakni di Tiworo dan Waumere dan lanjut di kelurahan lain yaitu kelurahan konawe, wamelai dan seterusnya. 


Saat ini pihaknya menyerahkan bantuan tersebut untuk wilayah Kecamatan Tikep yaitu Kelurahan Tiworo, Waumere dan Kelurahan Waulai, serta di Kelurahan Konawe, Kecamatan Kusambi, untuk total penerima BLT APBD di Tikep berjumlah 177 orang.


"177 itu terdiri dari 107 orang masyarakat Kelurahan Waumere dan 70 orang masyarakat Kelurahan Tiworo," ucapnya.


Selanjutnya, Camat Tiworo Kepulauan, La Ode Abdul Muin mengatakan, penerimaan BLT APBD ini diserahkan non tunai, berbeda dengan penyaluran BLT APBD sebelumnya, sebab penerima bantuan telah dikirimkan ke rekening masing-masing, maka untuk proses pencairan masyarakat berurusan langsung dengan pihak bank dan Dinas Sosial.


"Tujuan dibagikan BLT ABPD ini pengendalian dampak untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang ada di kelurahan," pungkasnya. (amsir) 

Posting Komentar



#
banner image