Polres Langsa Turun Tim Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Respon Keluhan Petani

Daftar Isi

LANGSA, Indometro. Id- Dalam rangka memantau dampak El Nino, Team Patroli Perintis Presisis dari Satuan Samapta Polres Langsa melaksanakan Patroli Dialogis ke daerah areal Pertanian Simpang Uyok Desa Sukarjo Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa. Jum'at (22/09/2023).


Kegiatan Patroli dilakukan guna mendengar dan melihat langsung apa yang terjadi dilingkungan masyarakat sekitar.


Di lokasi itu, Tim Patroli yang dipimpin Bripka Ery Prasetyo bertemu dengan seorang petani yang bernama Pak Karmidi(76), warga Desa Sukarjo Kecamatan Langsa Timur. Sambil bertatap muka dan berdialog, Pak Karmidi mengeluh terkait tentang pupuk dan obat obatan semprot hama ulat.


"Untuk tahun ini, kami belum menerima bantuan pupuk dan obat-obatan pembasmi hama ulat padi dari dinas terkait, dan kami sangat kesulitan mengatasi tanaman, untuk tahun ini kami menggunakan uang sendiri untuk membelinya, kalau dengan harga ber pariasi pak..! mulai dari harga 35 Ribu Rupiah, tergantung merek Pak..!," keluh pak Karmidi.


Sambil berdialog, Tim Patroli membantu Pak Karmidi penyemprotan hama di areal tanaman padi miliknya di Area persawahan simpang Uyok kecamatan Langsa Timur. 

Areal sawah milik pak Karmidi sangat luas sekitar Kurang Lebih 10 Rante, namun untuk pagi ini Team Patroli berhasil membantu penyomprotan padi 4 ( empat) petak sawah secara bergantian,

Penyemprotan Tim Patroli Perintis Presisi Samapta Polres langsa bersama petani itu dilakukan untuk mengantisipasi serangan hama ulat dan hama lainnya.

Selain itu, penyemprotan ini juga untuk memberikan kesuburan terhadap padi serta menghilangkan rumput yang bakal tumbuh di sekitar tanaman padi.

Nenanggapi keluhan petani, dan usai membantu pak Karmidi, Tim Patroli pun meninggalkan lokasi sawah dan menuju ke kantor dinas pertanian untuk menanyakan dan berkoordinasi menyangkut keluhan petani demi kesejahteraan para petani dalam menghadapi dampak El Nino.

Kapolres Langsa, AKBP, Muhammadun, S.H., melalui Kasat Samapta, AKP, Dasri, SE., mengatakan," Selain menciptakan Situasi Kamtibmas Aman dan nyaman, anggota juga  membantu masyarakat seperti melakukan  penyemprotan tanaman padi milik petani, tujuannya untuk membantu masyarakat tani.

"dan kegiatan Patroli yang dilaksakan oleh Tim Patroli Perintis Presisi dari Sat Sampapta Polres Langsa dilakukan guna untuk mendengar dan melihat langsung situasi apa yang terjadi dilingkungan masyarakat sekitar.

"Karena keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat," kata Dasril. 

Dengan demikian, lanjut Kasat, masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat juga akan terangkat.

“Penyemprotan ini guna mewujudkan peningkatan produksi padi serta mendukung program pemerintah di situasi dampak El Nino," paparnya.

"Kegiatan Patroli Perintis Presisi ini rutin dilakukan di Wilayah hukum Polres Langsa agar para petani dapat langsung mencurahkan keluhan isi hatinya dari masyarakat sehingga dapat ditangani," pungkas Kasat. 

"Dan kami juga menghimbau kepada seluruh lapisan Masyarakat, agar jangan segan-segan untuk melaporkan ke layanan kepolisian Polres Langsa " 110" dan ke polsek atau pos terdekat jika mengetahui GUANTIBMAS sekecil besar apapun, agar kami dapat sesegera mungkin akan menindak lanjuti," Tutup Kasat.(RI) 

  

Posting Komentar



#
banner image