PT. Pupuk Iskandar Muda Melaksanakan Program Pencegahan Stunting

Daftar Isi

 


Aceh Utara, Indometro.id –  Pada hari Kamis, 12 Oktober 2023, PT. Pupuk Iskandar Muda melalui Dept. TJSL & Humas melaksanakan program pencegahan stunting. Program ini melibatkan Instansi pendidikan, pemerintah, masyarakat di lingkungan perusahaan. Dalam pelaksanaan program ini, PT PIM berkerja sama dengan Puskesmas Dewantara  melakukan upaya pencegahan dan penanganan stunting di desa-desa lingkungan perusahaan. 

Program ini merupakan salah satu upaya dalam menekan angka Stunting di daerah, stunting merupakan masalah kesehatan serius yang mempengaruhi pertumbuhan anak-anak dan perkembangan fisik serta mental mereka, dan dapat berdampak jangka panjang pada kesejahteraan anak dan masa depan mereka.

Dalam melaksanakan program stunting ini, PT PIM bersama Puskemas Dewanatara merealisasi beberapa kegiatan  diantaranya sosialisasi pengetahuan dan pentingnya mencegah Stunting bagi siswa/i pendidikan formal tingkat SMP dan SMA dan juga santri/santriwati pesantren di lingkungan Perusahaan, Sosialisasi & Pelatihan juga diberikan kepada Kader Desa yang menangani stunting di Kecamatan Dewantara, dan juga program sosialisasi bersama Kantor Urusan Agama yang nantinya diteruskan kepada pasutri guna pencegahan dini terhadap stunting, hal lain yang sangat berpengaruh terhadap penanganan stunting adalah Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal kepada 21 (dua puluh satu) anak diberikan selama 3 bulan kedepan yang mengalami stunting serta penyerahan 4 (empat) unit Jamban dalam mendukung sanitasi air bersih yang diserahkan kepada keluarga yang anaknya mengalami stunting. 

Kegiatan Sosialisasi yang dilakukan dengan tujuan yang sama untuk meningkatkan kesadaran pentingnya peran gizi dan kesehatan dalam pertumbuhan remaja. Dengan harapan dapat menciptakan generasi yang lebih sehat.

Tim TJSL PT. PIM Jufri yang mengkoordinir program bekerja sama dengan puskesmas Dewantara mendukung penuh program pemerintah  Kecamatan Dewantara sebagai wujud mendukung generasi sehat dan cerdas.

Lebih lanjut dr. Weldi menguraikan pentingnya memahami stunting sejak dini, dan bagaimana pola pencegahannya, dr. Weldi  juga menyampaiakan pentingnya mejaga kebersihan diri dan peduli kebersihan lingkungan sekitar, lanjut dr. Weldi mengucapkan terima kasih kepada PT PIM yang peduli dan turun langsung kelapangan, Ujarnya.

Jufri selaku koordinator program menyampaikan bahwasannya PT PIM ambil bagian di program ini dengan memberikan kontribusi antara lain menyediakan fasilitas sanitasi yang layak, air bersih yang aman bagi masyarakat di desa-desa sekitar, dan melakukan pembangunan jamban sehat, ini merupakan langkah kunci dalam mengatasi masalah stunting di wilayah ini. Bantuan ini bukan hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga melalui upaya pendampingan dan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan mengadopsi praktik sanitasi yang baik. 

Program pencegahan stunting ini bukan hanya sekadar memberikan bantuan, tetapi juga berusaha untuk menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan dalam kesejahteraan anak-anak. Kolaborasi PT. Pupuk Iskandar Muda dengan Puskesmas Dewantara adalah contoh upaya bersama untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak dan mengurangi dampak stunting terutama di wilayah Kecamatan Dewantara. 

Posting Komentar



#
banner image