Ekstrakurikuler Mampu Kembangkan Prestasi dan Minat Siswa

Daftar Isi

OKI, Indometro.id-

Ekstrakurikuler dapat mengembangkan potensi dan prestasi siswa. Hal ini dikarenakan ekstrakurikuler memiliki tujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan. Ekstrakulikuler juga membantu membentuk karakter dalam diri siswa sesuai minat dan bakat masing-masing. 

Selain itu dapat memberi dampak positif dan membuat siswa bisa lebih mudah menggapai mimpi dengan kemampuannya. Seperti halnya dilingkungan SMP Negeri 5 Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang saat ini dipimpin oleh Ibu Riana Dwi SPd.

Dimana pihak sekolah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan positif siswa tersebut, adapun ekstrakulikuler itu diantaranya seperti kepramukaan, paskibra, kesenian, dan rohis. 

Di dalam implementasinya sendiri upaya mencapai prestasi sekolah melalui ekskul dapat dilakukan melalui pembinaan siswa sejak dini, semangat disiplin siswa, serta pula dukungan semua pihak terutama orangtua dan tentunya sekolah untuk memberikan kesempatan para siswanya dalam mengikuti berbagai event lomba untuk meraih kejuaraan. 


Sekolah perlu melakukan supervisi ekskul untuk memantau perkembangan ekskul secara berkala. Sekolah harus memiliki budaya mengapresiasi peserta didik yang berprestasi dalam berbagai bidang, baik akademik maupun non akademik.

Budaya apresiasi prestasi ini akan berdampak positif untuk kesehatan mental siswa tersebut ke depannya. Mungkin tanpa kita sadari, terkadang para siswa memberi inspirasi kepada kita, inspirasi tentang kesungguhan, kecerdasan motorik, teamwork dan fair play.



Posting Komentar



#
banner image