Desa Magmagan Karya Menerima Piagam Penghargaan STBM Dari Pemkab Bengkayang

Daftar Isi

 


Indometro.id - Bengkayang

STBM itu singkatan dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Piagam tersebuta diberikan atas prestasi masyarakat dalam proses sanitasi total berbasis masyarakat untuk IV pilar, Yaitu :

 Stop buang air besar sembarangan ( ODF )

 Cuci tangan pakai sabun ( CTPS )

 Pengolahan air minum dan makanan di rumah tangga ( PAMM - RT)

 Pengelolahan sampah rumah tangga ( PS - RT )


Penyerahan piagam STBM itu diserahkan bersamaan dengan acara deklarasi IV pilar di gedung SD N 02 Doyot, Dusun Doyot, Desa Magmagan  Karya, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. ( 09.00 - Selesai ).


Turut hadir pada kegiatan tersebut Bupati Bengkayang ( Sebastianus Darwis. SE, MM ), Camat Lumar ( Busmet. S.P, M.Si ), Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang di wakili oleh wakilnya ( Esidorus. SP ), Kepala Dinas Kesehatan (  Rosalina Nungkat. SKM, MKM ), Kodim 1209 yang diwakili Danramil Ledo ( PELTU. Yovenus ), Kapolsek Lumar ( IPDA. Wahyudi ), kepada kepala desa tetangga yang ada di kecamatan Lumar,para undangan lainnya dan awak media ini.




Camat Lumar menyampaikan pada sambutannya : 


"Ada 5 desa di Kecamatan Lumar. Desa Magmagan Karya merupakan desa pertama  yang seratus desa ODF ( Open Defecation Free ) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Seluruh masyarakat desanya sudah berakses dijamban yang sehat.


Pencapaian ini bukan suatu hal yang gampang. Pastinya ada partisipasi dari berbagai pihak. Trimakasih untuk kepala desa, warga, kader PKK, kader posyandu dan pihak Puskesmas kecamatan Lumar yang sudah berpartisipasi sehingga terwujudnya desa ODF di desa magmagan karya.


Berdasarkan hasil verifikasi team verifikator Puskesmas kecamatan Lumar untuk pilar stop buang air besar sembarangan dengan jumlah lebih dari 259 KK, jamban sangat permanen berjumlah 236. Jelas pak camat Lumar.


Harapannya di tahun 2024, 4 desa yang lain dikecamatan Lumar menjadi desa ODF juga. Imbau  pak Busmet.




Pada kesempatan ini bupati Bengkayang turut memberikan sambutan. Adapun yang beliau sampaikan :


"Kesehatan lingkungan merupakan hal yang penting untuk selalu dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat. Baik pemerintah,  Hal ini dilakukan untuk mewujudkan lingkungan sehat dan membentuk manusia yang sehat.


Berdasarkan UU no 17 tahun 203  tentang kesehatan, pasal I dan pasal 104 tentang kesehatan. Upaya kesehatan guna ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat secara fisik, kimia, biologi dan sosial yang memungkinkan setiap orang mencapai Drajat kesehatan yang setinggi tingginya. Jelas pak Darwis.


Secara pribadi dan pemerintahan mengucapkan selamat kepada kepala Desa Magmagan Karya, dan seluruh masyarakat. Atas pencapaian deklarasi 4 pilar STBM. Dan Desa Magmagan merupakan desa pertama kecamatan Lumar yang melaksanakan deklarasi tersebut. 


Serta saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat magmagan karya yang sudah mengkampanyekan gerakan hidup sehat yang merupakan sanitasi total berbasis masyarakat.


Dengan pencapaian di Desa Magmagan kiranya menjadi media pembelajaran bagi desa desa di kecamatan yang lain agar bisa juga melaksanakan. Imbau pak bupati


Selanjutkan dalam acara tersebut dilaksanakan Deklarasi  4 pilar STBM serta penandatanganan komitmen dan ikrar yang diketahui camat Lumar dan bupati Bengkayang oleh kepala desa, kepala dusun kepala dusun, perangkat desa, ketua ketua RT, BPD Desa magmagan karya. 







Berikutnya Penanda tanganan piagam penghargaan serta pemberian  piagam penghargaan oleh Kapolres Bengkayang atau mewakili, Dandim 1209 atau mewakili, kadis Kesehatan Bengkayang dan bupati Bengkayang.


Ditempat yang berbeda, kepala desa Magmagan  ( Wira ) kepada awak media ini mengatakan :


Pencapaian serta piagam penghargaan yang diterima desa Magmagan Karya, itu semua tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama segenap perangkat desa, penggerak PKK, kader posyandu, serta seluruh masyarakat desa Magmagan Karya.


Jadi hal ini merupakan prestasi bersama. Oleh karena itu saya juga mengucapkan banyak terimakasih untuk semua itu.tutup pak Wira.



Posting Komentar



#
banner image