Perluas Wawasan, Pelajar SMAN 1 Subah Adakan Wisata Edukasi ke BPTIK Jateng dan RRI Semarang

Daftar Isi

Indometro.id, Kota Semarang - Puluhan pelajar SMA N 1 Subah mengalami hari yang penuh inspirasi dan pengetahuan saat mengunjungi Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) Jawa Tengah dan LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang dalam sebuah perjalanan wisata edukasi. Hal ini sebagai bagian dari upaya mereka untuk lebih memahami perkembangan teknologi dan jurnalistik.


Kunjungan dimulai di BPTIK Jawa Tengah. Di sini, para pelajar diajak menjelajahi konsep multimedia dengan menggunakan teknologi canggih seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Mereka juga memiliki kesempatan unik untuk merasakan wahana edukasi seperti Bioskop Tata Surya, Teropong Bintang, dan Radio Streaming.


Pembina  ekstrakulikuler Smabah Cinema Firsty Manah Asri menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen sekolah dalam memberikan pengalaman belajar yang lebih luas kepada para siswa.


"Kunjungan ini sebagai bentuk nyata upaya kami untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung kepada siswa, agar mereka dapat menigkatkan pengetahuan dalam bidang teknologi dan jurnalistik," jelasnya.

Setelah kunjungan yang penuh inspirasi di BPTIK Jawa Tengah, petualangan pendidikan dilanjutkan.Di mana para pelajar diterima dengan hangat oleh Plt. Kepala LPP RRI Semarang, Hanifahridads. Mereka tidak hanya diperkenalkan pada sejarah panjang RRI, tetapi juga diajak lebih dalam ke dunia jurnalistik dan pemanfaatan teknologi masa kini dalam penyiaran.


"Dengan adanya kunjungan ini, pelajar dapat lebih mengenal Radio Republik Indonesia dan memahami peran pentingnya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Mereka juga jadi tahu bagaimana proses produksi dan siaran radio dilakukan di lingkungan profesional RRI," kata Hanifahridads di Auditorium LPP RRI, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Selasa (12/12/23).


Para pelajar tak hanya mendengarkan, tetapi juga melihat langsung bagaimana program radio diproduksi dan disiarkan. Suasana studio radio memberi mereka pengalaman mendalam tentang bagaimana dunia penyiaran bekerja. Ini tidak hanya menambah wawasan mereka tetapi juga membuka potensi di bidang jurnalistik dan teknologi.

Disamping itu Wakasek Kesiswaan SMA N 1 Subah Mamik Miyarti pihaknya sangat mengapresiasi yang tinggi pada BPTIK dan RRI atas sambutan hangat dan pengetahuan baru dikunjungan wisata edukasi ini.


"Kami sangat mengapresiasi BPTIK dan RRI yang telah menyambut kunjungan kami dengan hangat. Dengan adanya kunjungan wisata edukasi ini menjadi awal dari pengalaman berkelanjutan. inspirasi bagi siswa ekstrakurikuler Smabah Cinema dan KIR untuk terlibat lebih dalam di bidang media dan teknologi, serta membuka wawasan mereka terhadap peluang dan tantangan yang ada di era digital ini. Semoga setelah kunjungan ini, semangat siswa dalam bidang jurnalistik, penyiaran, dan sinematografi semakin berkembang," tuturnya.


Disisi lain salah satu peserta Arya Leksana mengatakan adanya kegiatan ini mampu memberikan motivasi bagi kami untuk terus semangat berkembang dan meningkatkan kualitas dari karya yang dihasilkan.


"Wisata edukasi ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga membuka peluang relasi. Kami sekarang lebih melek terhadap perkembangan teknologi, dan ini menjadi awal dari petualangan pendidikan yang menginspirasi bagi kami," ujarnya.

Posting Komentar



#
banner image