Puluhan Desa Terendam Banjir di Kecamatan Lhoksukon

Daftar Isi


Aceh Utara, Indometro.id - Pada hari Selasa, 26 Desember 2023, puluhan Desa di kecamatan Lhoksukon kabupaten Aceh Utara terendam banjir setelan diguyur hujan dengan intensitas tinggi dalam dua hari terakhir ini.

Bukan hanya ribuan kepala keluarga terdampak banjir belum ada yang mengungsi, juga menutup akses jalan antar desa sehingga tidak bisa dilalui oleh warga.

Pantauan media ini dilokasi, genangan air di ruas jalan Banda Aceh  - Medan (nasional) itu membuat beberapa pengendara yang nekat melintas membuat kendaraannya mogok lantaran menerjang banjir.

Beberapa petugas pun disiagakan di setiap persimpangan jalan yang tergenang air. Sehingga begitu ada kendaraan yang mogok, langsung didorong beramai-ramai oleh petugas agar tidak menimbulkan kemacetan. 

Bahkan Dandim 0103Aceh Utara, Letkol Kav.Makhyar pun terlihat ikut mendorong kendaraan bermotor yang mati mesin.

"Agar pengendara bersabar dan berhati-hati karena jalan yang licin dan kondisi air yang memiliki kedalaman yang beragam,"imbaunya.

Salah satu ruas jalan yang banjir adalah di persimpangan kota Lhoksukon. Ketinggian air di jalan tersebut pun beragam, bahkan ada yang kedalamnya mencapai setinggi lutut orang dewasa.


Camat Lhoksukon, Fatwa Maulan,S.Sos,M.Si kepada media ini mengatakan berdasarkan data yang diperoleh banjir tersebut terjadi di Kecamatan Lhoksukon. 

"Di kecamatan Lhoksukon, sebanyak 31  desa terdampak. Selain menyebabkan banjir,  hujan deras ini membuat sungai tersebut meluap,"jelasnya.

Dikatakan, pihaknya saat ini bersama sejumlah personil TNI/Polri, dan intansi terkait lainya, masih melakukan penanganan dan pendataan. 

"Tidak hanya rumah warga, namun sejumlah fasilitas seperti Koramil dan sekolah juga terdampak, namun kami masih melakukan pendataan," katanya. (Mah).

Posting Komentar



#
banner image