UMJ Gandeng Lintas Organisasi Wartawan Pringsewu Dan Tanggamus Gelar UKW Massal 2024

Daftar Isi
Pringsewu,indometro.id - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggandeng wartawan lintas organisasi di Kabupaten Pringsewu dan Tanggamus untuk melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun 2024 merupakan sebuah langkah positif bagi dunia jurnalistik di Indonesia. Dalam industri media modern, keahlian dan kompetensi wartawan menjadi faktor penting untuk menjamin integritas dan kredibilitas sebuah media.

UMJ yang dikenal sebagai kampus yang memiliki fokus pada pengembangan soft skills mahasiswa, telah menunjukkan komitmen mereka dalam hal mengembangkan kompetensi wartawan. Dengan menggandeng wartawan dari lintas organisasi di Kabupaten Pringsewu dan Tanggamus, ini membuktikan bahwa UMJ tidak hanya mengutamakan pendidikan formal industri media, tetapi juga berusaha mempersatukan para wartawan dan memperkuat jaringan kerja sama di antara mereka.

Adapun rencana Uji Kompetensi Wartawan yang akan dilakukan oleh UMJ pada tahun 2024, merupakan langkah yang sangat positif dan konstruktif di mana wartawan dapat secara resmi menunjukkan bahwa mereka memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam melakukan tugas jurnalistik mereka. Dengan memiliki sertifikat kompetensi, ini juga mempermudah wartawan dalam melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pihak pengelola media, institusi pemerintahan maupun pihak lain yang membutuhkan jasa wartawan yang terpercaya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Kosri, S.H., S.T selaku bendahara Forum Wartawan Kompeten Kabupaten Tanggamus (FWK-KT) mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak penyelenggara FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Sebagai Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan.

"Koordinasi itu dilakukan setelah adanya Surat Keputusan Dewan Pers Nomor: 18/SK-DP/III/2020 Tentang Penetapan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ sebagai Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan," kata Kosri, Rabu, 24 Januari 2024.

Kosri berharap dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas wartawan di Lampung melalui UKW Massal 2024. 

"Ini adalah kesempatan bagi para wartawan untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan mereka serta mendapatkan sertifikasi UKW," ujarnya.

sejumlah organisasi telah menyatakan kesediaannya untuk mengikuti UKW lintas organisasi 2024 diantaranya di Kabupaten Tanggamus diantaranya, Forum Wartawan Kompeten Kabupaten Tanggamus (FWK-KT), Komite Wartawan Indonesia (KWI), Asosiasi Jurnalis Online Lampung (AJO-L), Komite Wartawan Indonesia Perjuangan (KWI-P), Perkumpulan Ikatan Jurnalis Tanggamus (PIJT), Solidaritas Pers Indonesia (SPI) Tanggamus. Sementara itu di Kabupaten Pringsewu diantaranya, Forum Wartawan Kompeten (FWK), Front Jurnalis Independent (FJI), Forum Komunikasi Wartawan Kabupaten Pringsewu (FKWKP), Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI), Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI).

Diharapkan dengan adanya inisiatif ini, para wartawan di Indonesia akan semakin terlatih dan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menjalankan tugas mereka dengan baik dan profesional. Dan tentunya harapannya agar ini diikuti kampus-kampus dan organisasi media lainnya untuk mengadakan kegiatan pengembangan kompetensi yang serupa guna meningkatkan standar keprofesionalan di bidang jurnalistik. (*)

Posting Komentar



#
banner image