Ujung Tombak TNI AD Bantu Warga, Babinsa Kerja Tak Kenal Waktu

Daftar Isi
Indometro.id, PALEMBANG - Dikarenakan tugasnya tidak hanya dalam melakukan pembinaan wilayah pertahanan di tingkat pedesaan, Babinsa juga selaku ujung tembak TNI AD juga memiliki kewajiban untuk membantu warga, maka harus bekerja tidak kenal waktu.

Hal itu disampaikan Kapendam II/Swj Kolonel Arh Saptarendra P, ST, MM, dalam rilisnya, Palembang, Sumsel, Minggu (25/02/2024).


Diungkapkan Kapendam, pada hari Sabtu (24/02/2024) Pangdam II/Swj dan rombongan melangsungkan kunjungan kerja jajaran Korem 043/Gatam yang berada di wilayah provinsi Lampung.

"Tepatnya ke Kodim 0412/Lampung Utara dan Kodim 0429/Lampung Timur," ujar Sapta.

Saat kunjungan itu, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil didampingi Danrem 043/Gatam, Kapoksahli Pangdam II/Swj, serta beberapa PJU Kodam II/Swj dan Korem 043/Gatam.

"Termasuk juga dalam kunjungan di kedua Kodim itu disambut oleh masing-masing Forkompimda," terang mantan Kepala Laboratorium Dislitbangad itu 

Dalam tatap muka di masing masing Kodim, lanjut Sapta, Pangdam menekankan agar para Babinsa harus bangga akan tugasnya.

"Karena Babinsa, sebagai ujung tombak TNI AD di wilayah tidak hanya mendukung pembangunan wilayah pertahanan di tingkat desa, tapi juga kehadirannya di tengah masyarakat sangat membantu pengatasan kesulitan yang dihadapi pemerintah maupun warga," ulas Sapta kemudian.

Oleh karenanya, lanjut dia, Pangdam mengatakan bahwa Babinsa itu, ujung Citra TNI Angkatan Darat itu di tangan para Babinsa.

"Baik buruknya TNI AD itu terlihat daripada Babinsanya, tentunya juga dalam hal membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat serta penanggulangan bencana maupun kegiatan lainnya.  Para Babinsa bekerja tidak mengenal siang ataupun malam, turun ke lapangan," tegas alumni Akmil 1996

Lanjut dikatakannya, Pangdam mengingatkan kepada seluruh Personel jajaran Kodam II/Swj untuk menjauhi dan menghindari pelanggaran sekecil apapun.

"Apalagi yang terkait dengan Narkoba, ditegaskan Pangdam, jika ada maka tinggal menanti pemecatan," tegas Sapta 

"Masyarakat selalu menanti kehadiran TNI di tengah mereka, jadi kita harus bangga jadi anggota TNI dan TNI harus bermanfaat bagi orang lain." pungkasnya.

Untuk diketahui, saat melanjutkan kunjungan dari Kodim 0412/Lampung Utara menuju Kodim 0429/Lampung Timur, Pangdam II/Swj dan rombongan menggunakan sepeda motor sejauh 95 km atau sekitar 2,5 perjalanan dengan rute Kota bumi-Terbanggi Besar -Gunung Sugih-Tegineneng -Trimurjo-Kota Metro-Pekalongan-Sukadana.


Laporan : Jhon Heri
Pendam II/Sriwijaya

Posting Komentar



#
banner image