Yayasan SMP Swasta Darussalam Kecamatan Lawe Sumur Pengelembungan Data Siswa

Daftar Isi






Aceh Tenggara Indometro.id - Kepsek SMP swasta Darussalam Kecamatan Lawe Sumur Kecamatan kabupaten Aceh Tenggara berkerjasama dengan pengelolaan yayasan pengelembungan data siswa demi memperkaya diri dan golongan tertentu.





Vivi Syahputra Harahap selaku kepala sekolah mengakui dirinya tidak lagi sebagai kepsek sekolah di SMP swasta Darussalam katanya " saya tidak lagi sebagai kepsek di SMP swasta Darussalam, kalau ada hal yang penting bisa saya sampaikan sama ketua Yayasan . Ungkapnya. Masalah apa pak yang bisa kami bantu? Tuturnya.




Kami dari lembaga LP -TIPIKOR Nusantara ketua Saidul bersama dengan ketua LSM PPKMA M. Jenen SE.  Melihat dari data dapodik sekolah ada perbedaan data laporan keuangan penerima dana Bos sekolah kami menduga ada manipulasi data atau pengelembungan siswa sekolah.





" Iya pak saya akan koordinasi sama ketua yayasan nanti saya hubungi bapak balik, tutupnya.




Berdasarkan hasil investigasi yang di temukan ketua LSM PPKMA M Jenen SE. Mengatakan ke media ini 4/mar/2024. Di kantornya jln Abdussamad terminal terpadu kabupaten Aceh Tenggara.


Kalau di lihat dari data dapodik SMP swasta Darussalam pertanggal 31 Agustus 2022 tahun ajaran Cat of laporan dapodik berjumlah 104 semester ganjil 108 semester genap. Kami merasa ada kejanggalan kenapa di laporan ke keuangan Realisasi dana BOS berjumlah 112 Orang Siswa,  Dalam artinya ada kelebihan Siswa yang di laporkan 8 Orang Siswa. Di kalikan dengan anggaran dana Bos di tingkat SMP 1.100.000 per siswa lebih kurang berjumlah 8800, 000 (delapan juta delapan ratus rupiah) lenyap begitu saja , sebab uang negara satu rupiah wajib di pertanggung jawabkan . tegasnya.





Di tempat yang berbeda kami konfirmasi pimpinan ketua yayasan mengatakan kepada ketua LSM PPKMA M Jenen SE yang di dampingi awak media Sebutnya, dirinya mengakui ada kelebihan Siswa, ini kemungkinan kesalahan dari pada operator sekolah nanti saya kordinasi dulu sama operator nanti Saya kabarkan hasil.




" Saya bicarakan dulu sama operator sekolah setalah ada hasil saya kasih kabar, janjinya.



Lanjut M Jenen SE"  beberapa Minggu ini kami dari LSM pemantau pendidikan dan kesehatan masyarakat Aceh (PPKMA) melakukan kontrol soal di sekolah yayasan, ada beberapa sekolah di yayasan di kabupaten Aceh Tenggara melakukan kecurangan dalam pengelolaan sekolah atau pengelembungan siswa, termasuk sekolah SMP swasta Darussalam kecamatan Lawe Sumur, kabupaten Aceh Tenggara. Operator sekolah itu semua di kendalikan kepala sekolah apa yang di perintahkan itu di kerjakan, gak mungkin operator berbuat tampa sepengatahuan atasnya, ini permainan ungkap M Jenen.





Kami dari LSM PPKMA berharap kepada kepala Dinas pendidikan kabupaten Aceh Tenggara, kalau ada yayasan yang melakukan kecurangan atau mencari keuntungan pribadi atau golongan tertentu mohon di jabut izinnya, kepada aparat penegak hukum (APH) di minta agar menyelidiki anggaran dana Bos sekolah SMP swasta Darussalam, untuk apa saja di peruntukan apakah sudah sesuai dengan juknis/juklaknya.





Awak media sudah beberapa kali menghubungi pimpinan ketua yayasan menunggu hasil kordinasi sama operator sekolah namun tidak ada solusinya sehingga berita ini di kirim ke meja redaksi. (Tim ).












Posting Komentar



#
banner image