Dilanda Kekeringan, Warga Kp.Cikelepu Desa Neglasari Kecamatan Kadungora Makin Kesulitan Air Bersih dan Butuh SAB

Daftar Isi


Garut, INDOMETRO.ID– 

Warga Kampung Cikelepu RT 01-02/RW .03 Desa Neglasari , Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, mengaku semakin kesulitan air bersih di tengah musim kemarau yang saat ini melanda.

Dalam keseharian, mereka memang mengandalkan aliran air rembesan dari sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Dengan mengandalkan saluran air yang ada dari sungai Cijagra yang jaraknya sekira 1,5 km ketempat warga, namun karena terkendala bocornya dijalan ,disamping jikapun ada dipakai para petani , sebelum sampai di tempat warga sehingga aliran air sulit sampai di pemukiman warga.

Di saat musim kemarau seperti ini, sumber air sudah tak nampak tak ada tetesan air yang diharapkan warga. Warga pun mengaku sangat membutuhkan Sarana Air Bersih (SAB).

“Silahkan bisa dilihat atau dibuktikan ke lokasi bahkan Asep Sutisna Ketua RT.01 merasakan hal yang sama atas kendalanya, air sumur sudah tidak bisa disedot seperti biasa lewat pompa air ,sebab air rembesannya tidak ada.” ungkap Bah Erond, Warga RT 01,Kp.Cikelepu Desa Neglasari, Minggu (28/7/2024).

Asep Sudayat yang akrab dipanggil Apih Kepala Desa Neglasari, saat dikonfirmasi INDOMETRO.ID-,membenarkan keluhan warganya tersebut.

“Iya Kang, perkataan warga itu benar adanya, seperti itu kondisi saat ini. Jangankan musim kemarau, saat musim penghujan pun sumber air dan pengaturan air untuk jalur saluran dari parit ke tempat warga yang sangat susah sekali” terang Aep 

Selaku Kepala Desa ia mengaku sangat mengharapkan adanya perhatian dari Pemerintah Daerah Propinsi maupun Pusat untuk kebutuhan warganya.

“Sangat terlihat jelas di lokasi sumber air jalur airnya walaupun toh ada , bahkan terkendala sampah-sampah dan kotoran lainnya yang menghambat aliran air, menambah sulit jalannya air. 

Saya berharap adanya bantuan program baik dari Pemda Kabupaten Garut, provinsi atau pusat berupa Sarana Air Bersih (SAB) atau yang seperti desa-desa lain dapatkan, seperti Penyediaan Air Bersih atau Sanitasi Berbasis Masyarakat karena air itu salah satu kebutuhan pokok utama bagi warga masyarakat setiap waktu, jelas sangat dibutuhkan,” pungkasnya. 

( AES )***

Posting Komentar



#
banner image