Donor Darah di RSUD dr Iskak: 45 Pendonor Sumbangkan Darah untuk PMI

Daftar Isi

 


Tulungagung -Indometro.id-Takmir Masjid Asy-Syifa RSUD dr. Iskak menggalang donor darah untuk disalurkan kepada Palang Merah Indonesia. Kegiatan donor darah ini berlangsung di serambi masjid, Rabu (31/7/2024) dari pukul 08.00 hingga 11.15 WIB.




Dalam acara ini, sebanyak 45 pendonor menyumbangkan darah mereka. Hasil donor darah ini terdiri dari golongan darah A (9 orang), golongan darah B (10 orang), golongan darah O (23 orang), dan golongan darah AB (3 pendonor). Dari total 45 pendonor, 12 di antaranya adalah pendonor baru.


Pengurus takmir Masjid Asy Syifa RSUD dr. Iskak, Muslim, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya membantu Palang Merah Indonesia (PMI), tetapi juga bertujuan membentuk insan berakhlak dan bersosial. Selain karyawan-karyawati, kegiatan ini juga menarik perhatian pengunjung RSUD dr. Iskak.


“Momentum Tahun Baru Hijriah 1446 H ini, kami bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tulungagung untuk mengadakan donor darah. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa peduli kepada sesama dan menjaga stok darah PMI,” kata Muslim.


Sebelum mengikuti donor darah, para peserta wajib menjalani pemeriksaan tensi dan hemoglobin (Hb). Peserta dengan tensi dan Hb rendah dianjurkan untuk tidak mengikuti donor terlebih dahulu. Selain itu, peserta harus bebas dari konsumsi obat-obatan dan memiliki berat badan minimal 45 kg. Semua langkah ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan standar darah yang akan disumbangkan kepada orang lain.


Salah satu pendonor, Niken, merasa senang bisa menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan. Setelah persiapan matang dan pemeriksaan tensi darah serta hemoglobin, ia berhasil lolos menjadi pendonor setelah sebelumnya ditolak karena tensi darah rendah. “Alhamdulillah kali ini berhasil mendonorkan darah saya dengan jenis O+. Semoga ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” ujarnya. (Ag)

Posting Komentar



#
banner image