Garut Raih Juara Umum di Kontes Ternak dan Expo Pangan 2024

Daftar Isi





Garut,indometro.id - 

Kabupaten Garut berhasil menjadi Juara Umum dalam Acara Kontes Ternak dan Expo Pangan 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat di The Landen, Jalan Maribaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada 25-26 Juli 2024.

Prestasi menggembirakan ini disampaikan  oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika, melalui keterangannya, Minggu (28/7/2024).



Garut mengirimkan kurang lebih dari 86 hingga 90 ekor ternak, dengan jenis ternak yang dilombakan terdiri dari ayam sentul, domba garut, sapi perah, dan sapi pasundan, itu adalah 

Kabupaten Garut akhirnya berhasil meraih juara di delapan kategori lomba, yaitu:

1. Juara 1 dan 2 ratu bibit ayam sentul.

2. Juara 1 dan 3 sapi perah FH betina 12-18 bulan.

3. Juara 3 dan harapan 1 sapi perah FH 10-12 bulan.

4. Juara 1 sapi pasundan.

5. Juara 1 ratu bibit domba garut.

6. Juara 1 raja pedaging domba garut.

7. Juara 2 dan 3 raja petet domba garut.

8. Juara 3 raja kasep domba garut.


Dengan pencapaian ini, Kabupaten Garut berhak menjadi tuan rumah Kontes Ternak Jawa Barat pada tahun 2025 mendatang.

"Alhamdulillah hampir di semua kriteria Garut mendapatkan nominasi, dan untuk itu Alhamdulillah Kabupaten Garut mendapatkan hasil yang cukup baik menjadi Juara Umum," ujar Beni. 

Beni menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 27 kabupaten/kota dengan tujuan mengevaluasi hasil pembinaan dinas peternakan kepada peternak di masing-masing daerah, guna meningkatkan kualitas ternak yang ada.


Ia berharap dengan adanya kontes ternak ini dapat terjadi peningkatan kualitas ternak, baik dari segi produksi maupun kualitas, sehingga mampu mendorong pembangunan dan pengembangan peternakan di Kabupaten Garut. Selain itu, di kontes yang akan dilaksanakan di Kabupaten Garut menjadi motivasi, terutama bagi para peternak, untuk terus meningkatkan kualitas ternaknya.

"Dengan demikian, selain mendukung peningkatan produksi peternak di Kabupaten Garut, kualitas ternak yang dilombakan ini juga dapat mendorong pengembangan peternakan di Kabupaten Garut," harapnya.

Beni juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, atas dukungan yang diberikan sehingga Kabupaten Garut meraih apresiasi terbaik dalam Kontes Ternak Jabar Tahun 2024.

(Bah Erond)***

Posting Komentar



#
banner image