Pengadaan Mobil Ambulance dan Pusling di DINKES Tanggamus, Dipertanyakan

Daftar Isi

Indometro.id TANGGAMUS – Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus diketahui melaksanakan pengadaan mobil Ambulance dan Puskesmas Keliling pada Tahun 2024. Tetapi pejabat di Dinas Kesehatan belum memberikan penjelasan terperinci terkait pengadaan ini. Senin, (15/7/2025)

Mengutip dari sebuah laman resmi, Dinas Kesehatan Pemkab Tanggamus tercatat melakukan pengadaan ambulance dengan jadual pelaksanaan kontrak dimulai pada Maret 2024 hingga Mei 2024.

Dari sumber yang sama, di tahun ini juga Dinas Kesehatan Pemkab Tanggamus mencatat pengadaan Puskesmas Keliling (Pusling) roda empat, dengan jadual pelaksanaan kontrak dimulai pada Maret 2024 hingga Mei 2024, dengan metode pemilihan E-Purchasing. 

Penelusuran media ini di beberapa UPTD Puskesmas di Tanggamus, tidak mendapati ada mobil ambulance transport dan Puskesmas Keliling yang baru dioperasikan Tahun 2024. Bahkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batin Mangunang, media ini tidak melihat ada mobil ambulance dan Pusling baru. 

Keterangan mengejutkan disampaikan oleh salah seorang Kepala UPTD Puskesmas di Kabupaten Tanggamus, beberapa waktu lalu, bahwa Puskesmas yang dia pimpin belum mendapatkan mobil Ambulance dan Pusling di Tahun 2024 ini.  Namun dia mengaku dijanjikan akan mendapatkan di Tahun 2025. 

Masih kata Kepala UPTD tersebut, dia mengaku hanya mengetahui ada 3 UPTD Puskesmas yang mendapatkan kendaraan Pusling baru berjenis mobil double cabin. "Satu UPTD, hanya mendapatkan Satu Unit Mobil," tandasnya.

Ditanya mobil itu merk dan tipe apa, Kepala UPTD ini mengatakan tidak ingat.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepada Dinas Kesehatan Pemkab Tanggamus Taufik Hidayat, SE, M.Kes saat hendak ditemui di kantornya, Senin (15/7), ternyata tidak berada ditempat. Informasi dari staf di kantor tersebut, Taufik Hidayat sedang Dinas Luar (DL). 

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Pemkab Tanggamus, Bambang Nurwanto, SKM. M.Kes, dihubungi via panggilan telp whats app, pada Senin (15/7), ditanya terkait pengadaan ambulance  transport dan Puskesmas Keliling Tahun Anggaran 2024 mengakui, bahwa unit mobil ambulance transport dan Puskemas Keliling (Pusling) sudah ada semua. 

Ketika didesak untuk menjelaskan lebih rinci, tentang total pagu anggaran, merk serta tipe mobil ambulance dan Pusling, dan siapa yang mengoperasikan kendaraan tersebut, Bambang Nurwanto mengatakan bahwa yang berwenang memberikan jawaban adalah Kepala Dinas. 

Menurut Bambang Nurwanto, Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, sedang ada Dinas Luar ke Jakarta, menemani Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menghadiri sebuah kegiatan.

Posting Komentar



#
banner image