Aktivis Merangin Yang Tergabung dalam Kualisi Masyarakar Peduli Merangin, Siap Menangkan Kotak Kosong

Daftar Isi

 

indometro // Merangin-Jambi. Kualisi Masyarakar Peduli Merangin, Siap Menangkan Kotak Kosong dalam Pilkada Merangin 2024 ini. Selasa, (20/08/2025.

Fenomena borong partai, atau jegal lawan dengan tersruktur, Sistematis, yang di lakukan oleh elit politik dalam pilkda Merangin dan provini Jambi 2024 mengkerdilkan pemikiran rakyat, memaksa rakyat untuk memilih colon tunggal tersebut.

Kotak kosong menjadi ponomenal pilkada 2024 sehingga mencederai demokrasi, hal terebut  selalu muncul dalam ajang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Keberadaan kotak kosong ini seringkali dianggap sebagai keuntungan bagi pasangan tunggal yang mengikuti Pilkada.

Namun menjadi pertanyaan bagaimana jika suara yang didapatkan kotak kosong melebihi suara daripada calon tunggal? 

Isu kotak kosong tersebut muncul pula di Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi 2024 ditengah  polemik dan situasi politik yang tidak kondusif, isu tersebut digaungkan oleh beberap elit politik, yaitu hanya satu paslon yang bersaing melawan kotak kosong.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan ditengah masyarakat dan tantangan bagi Aktivis Merangin dan Provinsi Jambi. meyingkapi isu tersebut beberapa Aktivis merangin berkumpul di taman pemuda kota Bangko malam, membicarakan skanario jika pilkada merangin dan provinsi/jambi melawan kotak kosong, dalam pertemuan tersebut juga merancang rencan kepengurusan  team kota kosong yang nantinya sebagi ujung tombah pemenangan kotak kosong di desa-desa, serta rencana mendaftarkan ke KPU merangin dan provinsi/jambi.

Dalam pertemuan tersebut di hadiri oleh beberapa perwakilan aktivin dari beberapa kecamatan di kabupaten merangin di antaranya Mulyadi dari kec. Batang Masumai, S. pd. I, Barleh Yif dari Kec. Bangko Barat, Darul Hotni SH dari Kec. Bangko, Rudi Kutil, Kec. Tabir, Ir Syamil dari Kec. Renah Pambarat, M. yani dari Kec. Siau, Mandri dari Kec. Tabir Barat, ada bederapa taem/yang tidak dapat hadir di antaranya Tabir selatan, Kec. Pamenang, Kec. Pamenang Barat, Kec. Pamenang Selatan, Kec. Tabir Lintas, Kec. Sungai Manau, Kec. Nalo Tantan, Jangkat, dan Jangkat Timur.

Dalam pertemuan tersebut menganti sipasi skanario lawan kota kosong terjadi di pilkada merangin dan provinsi Jambi, yang di ikuti oleh satu calon ( calon tunggal), pembentukan team dengan terget sampai ke 215 Desa/Kelurahan di Kabupaten Merangin jika potensi pilkada Merangin dan Provinsi Jambi nanti hanya ada Calon tunggal melawan kotak kosong.

Jika terjadi dalam Pilkada 2024 calon tunggal, untuk apa ada Fraksi dan Komisi DPRD Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi menganggarkan biaya pemilu dan pilkada 2024 melalui APBD  sebesar Puluhan dan Ratusan Milyar Rupiah dan Dana Hibah dari setiap Parpol setiap tahunnya kalau ujung-ujungnya satu paslon yang hanya melawan kotak kosong. 

Ir Syamil, menggambarkan bagaimana jika Pilkada 2024 nanti yang hanya diisi satu paslon melawan kotak kosong hanya akan merugikan, dimana uang rakyat terbuang sia-sia. 

Darul khotni juga menambahkan mengajak masyarakat Merangin bergabung dngan team kotak kosong, masyarakat harus bersatu memenangkan kotak kosong dimana jika hal tersebut terjadi.

Jika nantinya benar pilkada Merangin dan Provinsi Jambi 2024 hanya diisi satu paslon melawan kotak kosong, sia-sia saja uang rakyat yang terbuang untuk itu mari kita selamatkan uang rakyat dengan memenangkan kotak kosong karena didalam kotak kosong tersebut adalah suara rakyat.

Bahkan, Barter Yif menambahkan, artinya dari kotak kosong tersebut. Kotak kosong itu adalah milik rakyat didalam kotak kosong tersebut suara rakyat.

“Kotak kosong itu milik rakyat, didalam kotak kosong tersebut suara kita. Untuk mari kita bergerak dan bersatu untuk memenangkan kotak kosong,” tutupya.

Penulis: Mulyadi

Posting Komentar



#
banner image