Danrem 044/Gapo Pacu Program Opla Untuk Ketahanan Pangan

Daftar Isi
Indometro.id, PALEMBANG  -


Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M meninjau pekerjaan program optimasi lahan yang terletak di Desa Sejaro Kec. Indralaya Induk dan Desa Tanjung Pasir Kec. Pemulutan Kab. Ogan Ilir, Kamis (1/8/2024).

Program Optimasi Lahan (Opla) tidak hanya dilaksanakan di satu wilayah saja, melainkan hampir di seluruh Prov. Sumsel, termasuk salah satunya Kabupaten Ogan Ilir.

Pekerjaan Opla di Kabupaten Ogan Ilir ini seluas 1.831 Ha, dan telah berjalan kurang lebih 500 Ha. 

Pada kunjungan ini, Danrem mengatakan, agar pekerjaan Opla yang ada di Kab. Ogan Ilir segera dipercepat, baik yang ada di Desa Embacang, Tanjung Seteko, Ulak Kemahang dan Desa lainnya sehingga dapat tuntas sesuai target waktu yang telah ditentukan.

“Bila perlu jam kerjanya ditambah lagi, dibuat shift. Bila lokasi yang ada di Sejaro Sakti ini pekerjaannya cepat selesai, bisa mengerjakan di lokasi Opla berikutnya,” ucap Danrem. 

“Lokasi yang masih tergenang air kita cari solusi, kita sedot dengan pompa air untuk mengurangi debit air,” lanjutnya.

“Saya meninjau opla ini bertemu dengan Bapak Kadistan Kab. OI, Pak Kades dan Gapoktan Desa Sejaro Sakti ini, agar kita bisa berkoordinasi bagaimana mencari solusi untuk mempercepat pekerjaan,” ujarnya.

“Kelompok tani juga harus mengawasi pekerjaan Opla yang sedang dikerjakan, manfaatnya untuk kelompok tani juga, bila kurang bagus harus ditegur.” tegasnya.

Kadistan Kab. OI Bapak Abhi membenarkan, Progres pekerjaan Opla di Kab. OI agak terhambat.

“Terhambatnya pekerjaan Opla ini dikarenakan ada lahan-lahan yang menjadi sasaran sudah banyak ditanami padi oleh masyarakat dan masih ada daerah yang terendam air sehingga menghambat pekerjaan. Kami usahakan, sehingga Progres Opla dapat meningkat.” kata Kadistan.

Di tempat yang sama, Kades Sejaro Sakti menyampaikan, “Lahan yang ada di Sejaro Sakti, baru tahun ini ditanami padi. Alhamdulillah hasil tanamnya sangat bagus,”.

“Saya berharap dengan adanya Opla ini, bisa bermanfaat untuk kami masyarakat Desa Sejaro Sakti. Kami bisa menanam padi sepanjang tahun. Terima kasih kepada Bapak Danrem, pemerintah daerah, juga Bapak Kadistan telah membantu berjalannya Opla.” simpulnya.

( Jhon ) IM

Posting Komentar



#
banner image