Jembatan Sepanjang 640 Meter Menjadi Penghubung Sejumlah Kabupaten di DAS Barito, dan Jadi Ikon Kota Palangka Raya

Daftar Isi

 

Foto : Jembatan Kahayan, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. 

PALANGKA RAYA, Indometro.id – Indonesia memiliki banyak sekali jembatan yang tak hanya berfungsi sebagai penghubung antar wilayah saja. Namun juga menjadi ikon Kota Palangka Raya, yang kini menjadi daya tarik masyarakat Kalimantan Tengah hingga masyarakat luar Kalimantan, bahkan ikon tersebut menjadi popule. Salah satunya jembatan yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah ini, Sabtu (24/08/2024).

Jembatan Kahayan ini tidak hanya menghubungkan sejumlah kabupaten di daerah aliran sungai (DAS) Barito, namun demikian, juga menjadi ikon Kota Palangka Raya, 

Jembatan Kahayan ini dibangun mulai tahun 1995, dan selesai pada tahun 2001.

Diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarno Putri, jembatan Kahayan ini menjadi satu-satunya jembatan rangka baja di Indonesia yang digantung di bawah pelengkung baja sepanjang 150 meter. 

Suasana pemandangan Jembatan Kahayan disaat malam hari. 


Jembatan Kahayan ini memiliki panjang 640 meter dan lebar 9 meter, serta terdiri dari 12 bentang dengan bentang khusus sepanjang 150 meter pada alur pelayaran.

Tak hanya menghubungkan Pusat Kota Palangka Raya dengan Kelurahan Pahandut Seberang, jembatan ini juga menghubungkan sejumlah kabupaten di DAS Barito serta Kabupaten terdekat lainnya. 

Diantaranya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara hingga Provinsi Kalimantan Selatan.

Selain itu, adanya jembatan ini juga sekaligus penghubung ruas jalan Trans Kalimantan poros tengah.

Hadirnya jembatan ini tentu membantu dalam lalu lintas kendaraan antar Kabupaten dan Kota di Jalan Trans Kalimantan.

Setelah adanya jembatan ini pengendara tak lagi menggunakan kapal feri untuk menyebrang dan tentunya dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

Menjadi salah satu "Landmark" di Kalimantan Tengah, jembatan ini memberikan banyak sekali manfaat bagi warga Kota Palangkaraya.

Tak hanya memudahkan konektivitas, Jembatan Kahayan, kini juga menjadi tempat wisata untuk bersantai bersama keluarga yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. (Ris A.R)

Posting Komentar



#
banner image