Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Desa Sambirobyong Gelar Basar UMKM

Daftar Isi


Tulungagung -Indometro.id- Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pemerintah Desa Sambirobyong, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, menyelenggarakan Basar UMKM dengan tema “Melalui Basar Desa Bangkitkan UMKM yang Berkelanjutan.”


Acara ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2024, di lapangan desa setempat.


Basar tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Sumbergempol, Heru Junianto, S.T.P. M.M., didampingi Forkopimcam Sumbergempol, Kepala desa Sambirobyong, serta turut dihadiri perangkat desa, lembaga desa, Babinsa, Babinkamtibmas serta Elemen desa Sambirobyong lainnya.


Kepala Desa Sambirobyong, Gus Munif, menjelaskan bahwa tema tersebut bertujuan untuk mendorong UMKM di desa Sambirobyong, baik yang bergerak di bidang kerajinan maupun kuliner tradisional, agar dapat berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas.



“Pada momen ini, kita memakai baju adat untuk mencerminkan keberagaman yang ada dalam NKRI. Meskipun terdiri dari berbagai adat dan budaya, namun kita semua adalah NKRI,” tegas Gus Munif, Jumat (30/8/2024).


Lanjutnya, selain Basar UMKM, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan panggung pentas seni yang bertujuan untuk menghibur masyarakat. Tidak hanya itu, Basar UMKM juga dilombakan dari segi kekompakan, cara menghias stan Basar, dan pelayanan.


"Hal ini, untuk meningkatkan semangat para peserta dalam memajukan usaha mereka. Pemenangnya diumumkan peda penutupan acara nanti, sekaligus penyerahan hadiah," pungkas Kades.


Sementara, Camat Sumbergempol, Heru Junianto, S.T.P. M.M., dalam sambutanya mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada jajaran pemerintah desa, panitia PHBN, dan seluruh warga masyarakat Desa Sambirobyong yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. 


“Antusiasme kita dalam memperingati HUT RI ke-79 ini menandakan bahwa kita mencintai dan menghargai negara kita, sehingga kita mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif,” ujarnya.


Heru juga menambahkan bahwa Basar UMKM ini menggali potensi warga masyarakat Desa Sambirobyong untuk dikenalkan dan dipasarkan, sehingga dapat berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. 


“Dengan menggunakan pakaian adat, kita menunjukkan kecintaan terhadap budaya luhur yang kita wariskan kepada anak cucu kita kelak, sehingga identitas bangsa kita tetap terjaga,” tandas Camat.


"Mari kita tingkatkan kreativitas untuk dimunculkan dan ditampilkan pada peringatan HUT RI ke-79 dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju"  ini." pungkasnya.(AG

Posting Komentar



#
banner image