Pagelaran Wayang Srawung Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI ke-79 dan Pengukuhan Muda Mudi Sembodo Kridho Mulyo Tumpukan

Daftar Isi

Wayang Srawung
Klaten - indometro.id - Pentas Wayang Srawung mengambil lakon Semar Mendem dengan Dalang Ki Mbilung dari Cawas berhasil memukau warga Desa Tumpukan, Kamis (22/8/2024). Pentas Wayang Srawung ini dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-79 dan pengukuhan Paguyuban Muda Mudi Sembodo Kridho Mulyo.
Paguyuban Sembodo Kridho Mulyo bersama Kades Tumpukan, Suyamto. 
Wayang kontemporer ini sedikit berbeda dengan wayang kulit yang biasa di mainkan, mulai dari serta panggung serta para niyogo dan pesinden. Pementasan lebih banyak berisi kritik sosial dan nuansa komedi, dengan dukungan biduan modern.

Di awali dengan pengukuhan paguyuban muda mudi Sembodo Kridho Mulyo oleh Kades Tumpukan Kecamatan Karangdowo Klaten. Kades Tumpukan sangat mengapresiasi dengan keberadaan paguyuban muda mudi yang akan menjadi tulang punggung dalam kehidupan bermasyarakat.
"Saya sangat bangga, apresiasi yang sebesar-besarnya untuk muda mudi generasi penerus bangsa. Kalian sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, kalian tumpuan harapan orangtua. Teruslah berbhakti dan menebar kebaikan," harap Kades.

Ki Mbilung sedang memainkan Wayang Srawung. 
Selepas seremonial acara, mulailah Ki Mbilung memulai pagelaran Wayang Srawungnya. Penonton yang hadir memenuhi arena pentas. Dimana dalam lakon Semar Mendem ini menceritakan Ki Semar mbalelo dan bergabung dengan pihak Kurawa. Semar menghadap ke Hastinapura untuk menyatakan tidak lagi menjadi  abdi para Pandawa dan menyatakan bergabung dengan Kurawa.

Langkah Semar ini diterima oleh raja Hastinapura, namun dari tokoh-tokoh pihak Kurawa seperti Begawan Durna dan Resi Bismo memilih undur diri dengan kehadiran Semar. Langkah Durna dan Bismo ini di ikuti beberapa punggawa dan panglima perang Kurawa, mereka undur diri karena merasa sudah tidak diperlukan lagi dengan kehadiran Semar.

Wayang Srawung semakin seru karena didukung oleh 4 biduan cantik. Para biduan (penyanyi) tampil membawakan lagu-lagu yang lagi populer saat ini. Biduan-biduan ini mampu menghibur masyarakat yang hadir. Dari tua muda tampak menikmati merdunya suara penyanyi yang di iringi musik modern. Penonton tampak riang gembira dengan lucunya banyolan sang dalang serta alunan musik.







Posting Komentar



#
banner image