Siswa Kelas Jauh SMAN 1 Karangnongko Meminjam Rumah Warga Untuk KBM

Daftar Isi

 

                                                                      Ilustrasi: Belajar

Klaten - Para siswa baru Kampus 2 atau yang disebut juga kelas jauh SMAN 1 Karangnongko, Klaten, mulai mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran 2024/2025.Total ada 117 siswa di kelas jauh yang belajar di rumah warga Desa Tlogowatu, Kecamatan Karangnongko.

Tempat belajar kelas jauh untuk siswa angkatan baru itu terpaksa meminjam rumah warga karena tidak ada gedung atau bangunan lain yang lebih representatif. Sementara SMA Negeri Kemalang sejak lama belum dibangun.

Ada tiga angkatan kelas jauh, yakni angkatan 2022/2023yang sekarang duduk di kelas XI menempati dua ruang kelas di SDN 1 Tlogowatu. Kemudian angkatan 2023) 2024 yang kini kelas XI menempati aula Balai Desa Tlogowatu. Sementara angkatan baru 2024/2025 atau kelas X menempati rumah warga.

Ada dua rumah warga yang dipinjam untuk kelas X yang terdiri dari 117 siswa. Lokasinya berada di tengah perkampungan Dukuh Genep, RT 021/RW 009, Desa Tlogowatu.

Setiap rumah memiliki halaman luas dan cukup untuk menampung sepeda motor siswa. Aktivitas KBM sudah dimulai sejak Rabu (31/8/2024). Sebelum KBM dimulai, Kepala Desa Tlogowatu, Suprat Widoyo, terlebih dulu bertamu ke masing-masing pemilik rumah untuk kula nuwun dan meminjam sebagian ruangan rumah untuk KBM. Pemilik rumah dengan ikhlas dan sukarela meminjamkan rumah untuk kegiatan belajar.

Permohonan itu langsung disetujui pemilik rumah yang siap berbagi tempat demi kelancaran aktivitas KBM untuk siswa kelas jauh. Seperti disampaikan keluarga Subagyo, pemilik salah satu rumah yang digunakan untuk aktivitas KBM siswa kelas jauh.
“Sebelumnya Pak Kades nembung pinjam tempat untuk sekolah. Kebetulan suami saya ketua RT. Ya langsung jawab oke. Insyaallah ikhlas. Kebetulan saya juga mengabdi di SMP. Jadi saya juga memahami. Sama-sama berjuang agar anak-anak agar ada tempat untuk belajar,” jelas istri Subagyo, Rustiti, 48, saat ditemui di rumahnya, Kamis (1/8/2024).

Belum mengetahui sampai kapan sebagian rumahnya digunakan untuk kelas jauh. Pemilik rumah pun tak mempermasalahkan jika sebagian rumah digunakan untuk kelas jauh hingga sekolah setingkat SMA di Kecamatan Kemalang dibangun dan siap dioperasikan.

Sementara itu, sarana dan prasarana untuk menunjang aktivitas KBM seperti kursi lipat, meja, dan papan tulis disediakan dari SMAN 1 Karangnongko. Sebelum KBM dimulai, sarana dan prasarana itu sudah dibawa ke dua rumah yang siap digunakan untuk kelas jauh.

Kelas jauh atau kampus 2 SMAN 1 Karangnongko di Tlogowatu, Kemalang, Klaten, itu menjadi solusi bagi siswa terutama dari wilayah Kecamatan Kemalang yang terkendala sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Sudah ada tiga jenjang kelas di kampus 2 atau kelas jauh. Kelas X terdiri dari 117 siswa, kelas XI ada 83 siswa, dan kelas XII sebanyak 38 siswa. Aktivitas pembelajaran di kelas jauh sama halnya dengan pembelajaran di sekolah pada umumnya.

Terkait guru, Kepala SMAN 1 Karangnongko, Sriyono, menjelaskan guru yang memberikan pembelajaran kepada siswa berasal dari SMAN 1 Karangnongko. “Guru semuanya dari SMAN Karangnongko. Kerja keras dan kerja ikhlas. Ada 52 guru baik PNS, PPPK, maupun GTT. Karena ada kelas jauh, sehingga mengajarnya mobilitas,”  kata Sriyono.


Posting Komentar



#
banner image