Untuk Ketersediaan Air, Desa Gelanggang Baro Normalisasikan Saluran air dan Bangun Embung

Daftar Isi


Aceh Utara, indometro.id - Pemerintah Gampong (desa) Gelanggang Baro, kecamatan Lapang kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh menormalisasi saluran air dan membangun embung yang sangat dibutuhkan mengairi seluas belasan hektare sawah milik petani di Desa Gelanggang Baro.

Pembangunan sarana pertanian bersumber dari alokasi Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2024 menggunakan alat berat, guna memenuhi ketersediaan air yang dialami petani padi sawah/tambak di desa tersebut.

Keuchik Gampong Gelanggang Baro, Muhammad kepada media ini, Senin (05/08/2024) mengatakan, tahun ini membangun satu embung untuk menampung air, kemudian melakukan normalisasi saluran irigasi untuk persawahan di lokasi tersebut



Untuk itu, katanya, pengerjaan pembangunan jaringan irigasi sepanjang 1000 meter. Luas lahan pembangunan mencapai 4000 m2. Embung atau tendon air merupakan waduk berukuran mikro di lahan pertanian yang dibangun untuk menampung air.

Secara operasional embung difungsikan untuk memenuhi ketersediaan air di lahan pertanian dan tambak yang ada di desa Gelanggang Baro. Tak hanya itu, dalam embung juga dapat disebar ikan untuk usaha perikanan.

Lanjutnya, jika pembuatan Embung dan normalisasi saluran irigasi selesai dikerjakan. Muhammad berharap kepada instansi terkait membantu pembangunan talud. Pasalnya fungsi talud ini untuk memelihara bahu jalan agar kondisi tetap baik karena bahu jalan yang kuat.

Selain itu, dia berharap kepada warganya tetap menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang ada.

Posting Komentar



#
banner image