Yang Penting Menyala, Diduga Pemasangan Jaringan LIstrik PT.PLN Cabang Selatpanjang Dikerjakan Oleh Vendor Yang Tidak kompeten

Daftar Isi

 

Foto : Pemasangan jaringan listrik teganggan rendah (TR) yang telah aktif 

Selatpanjang – Indometro.id

Pemasangan jaringan listrik tegangan rendah (TR) dari PT.PLN (Persero) Sepanjang 700 M  yang dikerjakan oleh vendor terkesan asal siap yang penting menyala tanpa mengikuti aturan standar.

Seperti yang terjadi diwilayah Kepulauan Meranti, dimana pemasangan jaringan listrik tegangan rendah (TR) yang dikerjakan oleh vendor PT.Perusahaan Listrik Negara (PLN) cabang selatpanjang banyak ditemukan permasalahan yang tidak sesuai standar sehingga membahayakan masyarakat.

Dari hasil investigasi media ini kepada warga yang ada disekitar jaringan listrik tersebut diwilayah Desa Alah Air Kecamatan Tebing Tinggi jl.Perjuangan – Pelabuhan, Jumat (23/08/2024) menemukan jaringan listrik tersebut sudah aktif sementara tiang belum dilakukan pengecoran dan penahan tiang listrik mengunakan sisa kabel yang diikat pada potongan kayu dan tunggul yang ada disekitar lokasi.

Tidak hanya itu, diketahui ada beberapa tiang yang kabelnya digantung  mengunakan sisa kabel yang seharusnya dipasang Klem Suspension dan yang paling berbahaya pada ujung kabel jaringan listrik tegangan rendah tersebut tidak diisolasi dan dibiarkan tergantung begitu saja yang berdekatan dengan tiang listrik tersebut.


Foto : Penahan tiang listrik yang dipasang mengunakan sisa kabel  dan diikat pada pancangan potongan kayu
Dari keterangan warga yang tidak mau disebut namanya mengatakan tidak mengerti masalah pemasangan jaringan listrik dan tidak tahu asal usul proyek tersebut karna tidak ada papan plang proyek.

“Kami tak paham masalah jaringan listrik ini Pak, cume setelah bapak jelaskan bahwe proyek ini belum selesai  tetapi api sudah aktip baru kami tau bahwe ini bahaye ape lagi ade angin rebut ujung kabel bisa kene tiang listrik, ucap warga yang sedang bekerja membuat pagar ditiang terakhir jaringan tersebut.

Foto: Ujung kabel jaringan tegangan rendah yang tergantung tanpa mengunakan pengaman (isolasi)

Menanggapi hal tersebut Manager PT.PLN Cabang selatpanjang Melalui Supervisor Teknik Dede saat dikonfimasi media ini melalui via WA Saptu, (24/08/2023) mengatakan kurang tau siapa Vendor yang mengerjakan  jaringan listrik tersebut karana dari  UP 3

Saat ditanya Kepada Dede Apakah jaringan listrik tegangan rendah (TR)  harus memiliki SLO? (Sertifikat Laik Operasi) dan berbagai permasalahan yang ada, iya belum menjawab.

“Bg…saya belum menjawab, soalnya baru pulang penebangan ini, nanti ketemu aja. Ungkapnya.

 

Posting Komentar



#
banner image