Rumah Panggung Desa Purun Hangus Terbakar, Diduga Akibat Konsleting Listrik

Daftar Isi

Pali,indometro.id -

 Sebuah rumah panggung milik Rosidi (60), warga Dusun I Desa Purun, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI, hangus dilalap api pada Kamis (05/09/2024) sekitar pukul 18.30 WIB. Kebakaran tersebut diduga dipicu oleh konsleting listrik di bagian belakang rumah.


Menurut keterangan saksi mata, dua warga yang hendak melaksanakan salat Magrib melihat asap dan api dari kamar belakang rumah korban. Mereka segera memanggil warga sekitar untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Warga juga langsung menghubungi tim pemadam kebakaran, yang tiba di lokasi satu jam kemudian.

Api dengan cepat melahap seluruh rumah berukuran 7x5 meter itu. Berkat bantuan warga dan petugas pemadam kebakaran, api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.50 WIB, sehingga tidak merembet ke rumah-rumah lain di kawasan padat penduduk tersebut.


Kerugian materi ditaksir mencapai Rp200 juta. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, karena pemilik rumah sedang berada di masjid untuk menunaikan salat Magrib saat kebakaran terjadi.

Kapolres PALI, AKBP Khairu Nasrudin S.I.K., M.H., melalui Plh Kapolsek Penukal Abab, AKP Ardiansyah SH, mengonfirmasi bahwa dugaan awal penyebab kebakaran adalah konsleting listrik.


"Kebakaran ini berlangsung sangat cepat karena rumah terbuat dari kayu yang mudah terbakar," jelasnya.


Warga berharap pemerintah daerah dapat memberikan bantuan untuk meringankan beban korban yang kehilangan seluruh harta bendanya. Peristiwa ini kembali mengingatkan pentingnya pemeriksaan rutin instalasi listrik guna mencegah kebakaran serupa.

Posting Komentar



#
banner image