BNN mengadakan Sosialisasi Pembentukan Karakter dan Publik Speaking di Kabupaten Lumajang

Daftar Isi

Lumajang, Indometro Id.Kamis,22/6/2023.  Badan Narkotika Nasional Kota Lumajang menggelar sosialisasi Penyuluhan, Pencegahan  Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Hall Hotel Gajah Mada,Jalan Panglima Sudirman Lumajang Jawa Timur. yang diikuti oleh sekitar 30 peserta dari berbagai kalangan.

Ketua Panitia P4GN, Wahyudi menerangkan kegiatan  tersebut sengaja digelar untuk menahan laju penyebaran dan penyalahgunaan narkoba yang semakin masif, terutama di kalang remaja.

Al Himni Fahma,S.Kom.l.M.Med.Kom menjelaskan pengiat P4GN dituntut untuk memiliki keterampilan berbicara di depan publik, dengan materi bahaya narkoba yang komprehensif tapi dengan kemasan menarik. Diharapkan, materi yang disampaikan juga secara sederhana tapi memberikan pesan yang kuat pada masyarakat.


Keterampilan public speaking menjadi salah satu peranan penting dalam penyampai yang akan di berikan kepada masyarakat. Teknis ini bertujuan agar tidak adanya kesalahan dalam menyampaikan materi.

Fahma seorang praktisi komunikasi asal Lumajang, berbagi tips sederhana kepada para peserta P4GN tentang bagaimana tampil memukau di depan audiens. Para penggiat P4GN disarankan untuk dapat membagi materinya menjadi tiga bagian, yaitu pembukaan, isi dan penutup. Point penting yang harus menjadi perhatian adalah para penggiat harus mencuri perhatian di saat pembukaan.

“Tak hanya senyum dan menyapa, namun juga harus membuat suasana cair, dengan teknik ice breaking,supaya  bisa mendatangkan fun dan memecahkan kebekuan,” kata Fahma di hadapan para peserta P4GN.

Selanjutnya Dr.Muchamad Taufiq ,SH,M.H.CKM menjelaskan Semua elemen masyarakat tidak lepas dari ancaman narkotika, karena sudah tidak ada batasan di provesi

ataupun umur, sehingga Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba saat ini terus digencarkan, sedemikian gencarnya pencegahan ini jika tidak dibarengi dengan saling bekerjasama akan tidak menemukan keberhasilan. Maka dari itu diperlukan kesadaran semua pihak untuk ikut berperan aktif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba, ungkap Taufiq.

Beliau juga menyampaikan tentang nilai-nilai karakter : religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif,mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/ komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab. Pemberian pendidikan karakter ini bertujuan utk membentuk bangsa yg tangguh berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, mempunyai jiwa patriotik/ suka menolong sesama, berilmu , serta beriman dan bertakwa. Semua hal tersebut akan terwujud jika diimbangi dengan semangat dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sejak dini, selalu katakan TIDAK pada narkoba, “ungkap Taufiq.(D.S)

Posting Komentar



#
banner image