Cerita Perubahan Yang Mendasar "Most Signifikan Changes Stories/MSC di Kabupaten Lumajang

Daftar Isi


Lumajang, Indometro Id.Selasa,20/6/2023. 

Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Most Significant Change (MSC)  di Hall Hotel Prima Jalan Sukarno Hatta Jawa Timur, Kabupaten Lumajang.

FGD ini merupakan Rangkaian kegiatan untuk akhir pelaporan program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP).

Kabid P2BP Dinas pertanian Ir.Khairil Diani,M.Si  menyatakan bahwa program IPDMIP diharapkan mampu meningkatkan sikap perilaku dan keterampilan (SPK) para petani sehingga melakukan budidaya pertanian secara efesien dan efektif.



” Program Ipdmip bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pertanian serta bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan kehidupan petani” ungkap Khairil.

FGD MSC bertujuan untuk menggali informasi tentang Sukes Story petani dan penyuluh yang mengikuti serangkaian kegiatan IPDMIP selama 5 tahun, supaya diperoleh data yang akurat tentang nilai dan manfaat serta perubahan signifikan yang dilakukan oleh para petani dari kegiatan IPDMIP.

Untuk diketahui, Program IPDMIP adalah salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, dimana kegiatan ini menitik beratkan peran serta petani, masyarakat, perangkat daerah dan stekholder untuk berpartisipasi dalam pengelolaan saluran irigasi secara berkesinambungan dan terintegrasi sehingga ketersediaan air di saluran irigasi tetap terjaga.


Melalui FGD MSC ini salah satu alat monitoring dan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana manfaat program IPDMIP bagi para petani terutama kelompok tani yang menerima langsung manfaatnya.

Acara FGD MSC dihadiri oleh perwakilan NPIU kementerian pertanian, Pratama Hadar,BBPP Pendamping  Pararto Wicaksono dari Batu Malang.Para koordinator BBPP dan para penyuluh serta perwakilan petani dewasa, petani milenial dan petani wanita yang membuat tulisan sukses story.

Tujuan dari FGD cerita Perubahan  MSC diwilayah proyek Ipdmip di tingkat kabupaten:

1.Memberikan apresiasi kepada narasumber cerita Perubahan.

2. Melakukan verifikasi dan validasi cerita perubahan dari 15 cerita perubahan di tingkat kabupaten.

3.  Melakukan seleksi 4 cerita perubahan terbaik kabupaten yang masing-masing mewakili  katagori petani perempuan dan laki-laki ,petani muda, penyuluh pertanian yang akan di sampaikan di tingkat provinsi untuk di lakukan penilaian lebih lanjut.(D.S)

Posting Komentar



#
banner image