Dorong Lulusan Siap Kerja, SMKN 1 Tanah Luas Jalin Kerjasama Dengan Dunia Industri dan Sekolah

Daftar Isi

 



Aceh Utara, indometro.id - Perjanjian kerjasama merupakan bentuk dari program Praktik Kerja Lapangan (PKL). Program ini merupakan salah satu bentuk kegiatan bagi siswa dalam melakukan tanggung jawab di perusahaan atau lembaga tertentu. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa mengenai lingkungan kerja, serta dapat mengaplikasikan teori pembelajaran yang telah didapat di dalam kelas.

Kepala SMKN 1 Tanah Luas, Mahdi,ST kepada media ini, Kamis (15/6/2023) mengatakan guna meningkatkan mutu pendidikan khususnya jurusan MIGAS,  SMKN 1 Tanah Luas kabupaten Aceh Utara propinsi Aceh ini menjalin kerjasama guna melaksanakan pendampingan oleh perusahaan industri dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja di bidang Minyak dan Gas (MIGAS).

Tidak hanya dengan SMK MIGAS Cepu, Sekolah Kejuruan ini juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan industri seperti PT. PIM, PGE, MEDCO, Perusahaan Listrik Jawa - Bali, TREE ANGLE untuk Pendampingan dan Penyandingan Kurikulum masing – masing Program Keahlian.


"Sangat mengapresiasi kerjasama ini. Dan kegiatan ini menghasilkan kesepakatan yang dapat memberikan dampak positif praktik kerja lapangan bagi siswa, serta keperluan uji kompetensi melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja,"katanya.

Dalam hal ini, dia menjelaskan bahwa pihak sekolah sangat bersyukur dengan adanya program kerja sama ini, karena sebelum adanya program ini, SMK Migas (SMKN 1 Tanah Luas) mengalami keterbatasan khususnya kerjasama dengan industri. 

“Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanakan praktik lapangan di industri migas. Hal ini sangat membantu guru-guru dan siswa, yang tadinya ada keterbatasan kerja sama sekarang peluang itu terbuka lebar,” tuturnya didampingi beberapa guru jurusan Minyak dan Gas.


Dia mengungkapkan bahwa sharing ilmu dan pelatihan-pelatihan yang diberikan ke SMK Migas menjadikan kompetensi siswa menjadi terasah dan memiliki kualitas yang siap bersaing di dunia industri. Hal ini dapat dilihat dari terserapnya lulusan SMKN 1 Tanah Luas banyak terserap di berbagai industri dalam maupun luar daerah.

Ia berharap juga agar kedepannya dari kerjasama ini dapat berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Migas Aceh Utara. Melalui program ini, semoga SMK MIGAS Aceh Utara, dapat berkontribusi terhadap kemajuan migas Aceh, khusus menjadi bagian dari pelaku Migas Aceh.


"Yang harapannya dapat bermanfaat kedepannya bagi siswa dalam penyediaan tenaga kerja level menengah ke perusahaan Migas Aceh, dan tidak jadi penonton di negeri sendiri, aminn,"pungkasnya. (*).

Posting Komentar



#
banner image