Gebyar Sedekah Bumi di Desa Kandangan Kabupaten Lumajang 2023

Daftar Isi

Lumajang ,indometro.id.Senin,24/7/2023.Masyarakat Desa Kandangan Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang tumpah ruah , dalam acara sedekah bumi yang diadakan sebagai bentuk rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berkah serta kemakmuran untuk desa Tercinta.

Selain rasa syukur, sedekah bumi juga merupakan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Acara ini dihadiri pelaku wisata dan oleh ribuan warga desa, termasuk anak-anak, dewasa, dan orang tua yang semangat untuk berpartisipasi dalam upaya memeriahkan acara ini. 

Kepala Desa Kandangan Jumaran mengatakan, bahwasanya acara sedekah bumi ini merupakan salah satu budaya dari Desa Kandangan selama bertahun-tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan tradisi. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas hasil bumi yang diberikan oleh Yang Maha Esa lantaran alam.



Kemeriahan masyarakat melihat pertunjukan Arak-arakan jolen sedekah bumi,Beksan dleweran,Ujung,dan Reok.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengucap syukur atas panen pada tahun ini  melimpah dan juga adanya kelompok sadar wisata,  bergerak untuk menjadikan acara ini berbeda dari tahun sebelumnya, ” ungkap kepala desa Kandangan Jumaran.

Dia juga mengungkapkan kebanggaannya atas antusiasme dan partisipasi yang tinggi dari masyarakat desa Kandangan.



"Melalui kegiatan sedekah bumi, kami ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Dengan bergotong-royong, kita bisa menciptakan desa yang bersih, sehat, dan lestari, selain itu kegiatan ini sebagai langkah awal untuk menjadi salah satu desa yang di canangkan menjadi desa wisata di kabupaten Lumajang, saya berharap momentum ini bisa menjadi awal kebangkitan wisata di Kandangan dan menanamkan jiwa kesadaran masyarakat untuk menjadi pelaku wisata di Desanya sendiri.” Lanjutnya

Acara sedekah bumi ini tidak hanya berdampak positif pada lingkungan, tetapi juga memperkuat ikatan sosial antar warga desa. Mereka saling bekerja sama dan berbagi semangat dalam menjaga kebersihan desa serta menumbuhkan jiwa kebersamaan untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.



“Diharapkan kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya untuk mengadakan acara serupa guna melestarikan adat budaya nenek moyang dan juga bisa menjadikan desanya menjadi sebuah desa yang menjadi tujuan wisata. Semoga sedekah bumi ini dapat terus berlanjut setiap tahun dan semakin melibatkan lebih banyak pihak serta masyarakat untuk bersama menuju desa wisata ” pungkasnya.(D.S)

Posting Komentar



#
banner image