Lestarikan Tradisi, Warga Desa Kenanga Indramayu Gelar Unjungan di Mbah Buyut Sukma Jaya

Daftar Isi





 Indramayu,indometro.id Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt khususnya limpahan atas nikmat hidup sehat, masyarakat Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu menggelar unjung-unjungan di Mbah Buyut Sukma Jaya. Tradisi turun temurun dalam bentuk doa bersama diwarnai ratusan tumpeng ini di pusatkan di halaman maqam setempat, Jumat (28/7/2023).


 Untuk menyemarakan unjungan tersebut, panitia sengaja mengundang kesenian rakyat dari Kecamatan Losarang yakni sandiwara Dwi Warna juga dilaksanakan pertandingan sepak bola persahabatan. 



Kuwu Kenanga H. Darpani mengaku unjungan di Mbah Buyut Sukma Jaya selain melestarikan tradisi juga momen berkumpulnya warga masyarakat untuk saling bersilaturahmi baik yang memiliki garis keturunan dengan mbah buyut maupun masyarakat umum.


Mbah Buyut Sukma Jaya kata dia, merupakan sesepuh masyarakat setempat dan maqamnya diprediksi telah berusia ratusan tahun.


”Bersama ratusan masyarakat kami menggelar doa bersama di maqam Mbah Buyut Sukma Jaya,” kata Kuwu dua periode ini. 

Sementara itu tokoh masyarakat yang juga Bacaleg Partai Golkar Dapil I Indramayu, H. Tatang Sutardi yang turut hadir berharaptradisi unjung-unjungan ini tetap dilestarikan, pasalnya selain untuk mendoakan arwah para sesepuh juga mempererat tali silaturahmi sesama warga. 



Ia tidak menampik karena momen tersebut, tidak sedikit warga asli Kenanga yang sejauh ini berada diluar kota bisa hadir dan berkumpul bersama



“Momen ini saya anggap positif dalam membangun silaturahmi sekaligus bisa menjadi ruang komunikasi warga dalam merumuskan konsep membangun desa atau persoalan lainnya,” kata mantan Dirut PDAM Indramayu ini.

 .

 

  

  


 

Posting Komentar



#
banner image