SMPN 3 Sindang Ikuti Program ASEAN-Japan Young Enviromental Leaders Network ASEAN – Japan Center 2023

Daftar Isi

 Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMP Negeri 3 Sindang Kabupaten Indramayu sedang mengikuti Program ASEAN-Japan Young Enviromental Leaders Network ASEAN – Japan Center 2023 dengan mengajukan proposal Proyek Ecobrick untuk Penanganan Limbah Plastik Laut di Pantai Indah Karangsong lndramayu. Program ini harus diajukan paling lambat pada 30 Agustus 2023 dan akan diumumkan pada September 2023 untuk proposal yang disetujui akan mendapat dana hibah untk men suport proyek tersebut senilai 100.000 Yen Jepang.


Kegiatan program ini merupakan program motivasi dan kepedulian dalam pengelolaan lingkungan khususnya dalam upaya penangulangan sampah di negara-negara ASEAN. Program ini didukung oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pusat Penengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMP Negeri 3 Sindang Kabupaten Indramayu merupakan salah satu ektrakurikuler di sekolah yang dibentuk sejak Tahum 2012 dibawah pembinaan H. Sujaya, SPd. Kelompok ini diikuti oleh beberapa siswa yang terbagi dalam beberapa kelompok dan inovasi penelitian remaja.


Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) ini sering mengadakan inovasi dan proyek mandiri pengelolaan lingkungan dan penanggulangan limbah di Indramayu. Beberapa karya inovasi yang telah dihasilkan dan dikembangkan seperti pengelolaan daun kelor sebagai suplemen kesehatan dalam bentuk tablet yang mendapat juara 2 di event Lomba KIR Nasional di Bali pada Tahun 2013 dari Kementrian Pendidikan dan Kebuadayaan.


Selanjutnya pengolahan limbah sampah dapur organik menjadi bioethanol sebagai solusi alternatif energy terbarukan dilombakan dalam event Lomba Karya Ilmiah Remaja antar SMP se-Indonesia yang mendapat juara harapan III di SMA Darul Ulum Jombang pada tahiun 2015. Mengadakan pengembangan inovasi dengan membuat briket dengan memanfaatkan limbah kayu mangrove di Pantai Karang Song Indramayu yang diikutkan dalam event Lomba Karya Ilmiah Remaja UGM bekerja sama dengan Pertamina unit RU VI Indramayu pada tahun 2017 dan masuk final.


Proyek pengelolaan lingkungan penanggulangan sampah plastik laut untuk dibuat ecobrick di Pantai Indah Karangsong Indramayu ini merupakan kegiatan proyek berikutnya yang sedang dilaksanakan oleh para siswa.


Menurut Pembina Ekstrakurikuler KIR SMPN 3 Sindang H. Sujaya, S.Pd mengatakan bahwa pelaksanakan beberapa kegiatan penhelolaan lingkungan ini didasari dengan motivasi untuk melakukan edukasi di kalangan para pelajar dalam bidang pengelolaan lingkungan dan membuat inovasi ide kreatif dalam mencari solusi penanggulangan masalah lingkungan dalam pengelolaan sampah. “Kelompok remaja merupakan generasi harapan bangsa merupakan target kelompok kami dengan demikian diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian lingkungan di kalangan para remaja khususnya di sekolah,” terangnya pada 25 Juli 2023.





Indometro.id , Indramayu - Sementara itu Kepala SMPN 3 Sindang lndramayu Tariwan, S.Pd. MM. saat dihubungi media di sekolahnya (25/7) mengatakan, ” Pihak sekolah sangat mensupport setiap kegiatan yang ada di sekolah baik intra kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan KIR merupakan kegiatan ekstrakurikuler pilihan dalam menyalurkan bakat dan minat serta potensi siswa di bidang penelitian pemula bagi para siswa. “Ekskul ini sudah menorehkan prestasi, Prestise serta reputasi yang luar biasa di tingkat sekolah. Apalagi proyek berikutnya ini akan berlaga di event ASEAN. Tentu kami sangat mendukung. Semoga harapan kami mendapat kesuksesan.” Pungkas Kepsek. *

Posting Komentar



#
banner image