BPMP Aceh Sosialisasi dan Advokasi PBD Sekolah di Aceh Utara

Daftar Isi


Aceh Utara. Indometro. Id - Balai Penjaminan Mutu Pendidikam (BPMP) Aceh melakukan sosialisasi dan Advokasi tentang Perencanaan Berbasis Data (PBD) DI Aceh Utara. Kegiatan tesebut berlangsung di Hotel Mulia Lhoksukon Jumat (25/8/2023) yang diikuti unsur Dinas Pendidikan, Cabang Dinas Pendidikan Aceh Utara, Pengawas, Kepala Sekolah, dan guru Paud, SD, SMP, SMA/SMK.

Kegiatan yang berlangsung satu hari, dibuka Dr. Irhamni Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Aceh Utara. Saat membuka acara Irhamni menyatakan bahwa kegiatan ini penting untuk memberi pemahaman tata  cara menganalis rapor pendidikan di sekolah.


"Rapor pendidikannya sudah dua tahun berjalan, namun hingga saat masih banyak satuan pendidikan yang hanya baru sekedar login. Padahal harus di eksplor karena rapor ini penting sebagai  acuan sekolah dalam membuat perencanaan yang disebut PBD," sebut Pak Kabid.

Sementara Narasumber BPMP Dr. Amiruddin, M.Pd menguraikan tentang Bagaimana membuat Perencanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan. Terdapat enam indikator utama sebagai  prioritas rapor pendidikan yaitu :

Kemampuan Literasi, Kemampuan  Literasi Murid, Karakter, Kondisi Keamanan Sekolah, Kondisi Kebinekaan, dan kualitas pembelajaran. 

"Dari ke enam indikator tersebut, pilih indikator prioritas Berdasar rekomendasi yang harus segera dibenah. Bila berwarna merah upayakan berubah menjadi kuning, yang kuning ke hijau. Bila memang hijau pertahankan supaya ke depan nilainya tidak turun', jelas Amiruddin.








Posting Komentar



#
banner image