Dorong Masyarakat untuk Sadar Adminduk di kabupaten Lumajang

Daftar Isi

Lumajang,Indometro.id.Selasa,8/8/2023.Persatuanadi  Darma Wanita Kabupaten Lumajang diajak untuk bergerak bersama Dukcapil untuk terus mendorong masyarakat agar Sadar Administrasi kependudukan.


“Dokumen Adminduk ini amat sangat penting, karena identitas kependudukan memiliki manfaat yang banyak, mulai dari pelindungan hukum maupun pelayanan dasar,” terang Ketua DWP Kabupaten Lumajang, Rahayu Agus Triyono dalam Rapat Pleno DWP Kabupaten Lumajang 2023 dan Sosialisasi tentang Identitas Kependudukan Digital, bertempat di gedung BPKD Lumajang,Jalan Alun-alun Utara di Lumajang.


Rahayu  mengungkapkan bahwa adapun manfaat yang dirasakan oleh masyarakat ketika memiliki dokumen kependudukan diantaranya, bisa memberikan kejelasan identitas dan status bagi penduduk  dan memberikan kepastian hukum.


Memberikan perlindungan hukum dan kenyamanan bagi pemiliknya, serta memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya.


Sosialisasi tersebut menghadirkan Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang, Sri Sajekti.


Selanjutnya, Sri Sajekti mengungkapkan bahwa kini pemerintah sedang berproses untuk melakukan migrasi dokumen kependudukan fisik ke Identitas Kependudukan Digital. Identitas Kependudukan Digital bertujuan untuk mengikuti penerapan teknologi informasi dan komunikasi mengenai digitalisasi kependudukan.


"Untuk lebih memudahan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi masyarakat, serta mempercepat transaksi pelayanan publik dalam bentuk digital dan mengamankan kepemilikan identitas kependudukan  melalui sistem  digitalisasi autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data," ungkap Sri.


Untuk itu Sri mengharapkan, agar Dharma Wanita Persatuan bisa ikut berperan dalam mempercepat upaya pemerintah dalam proses migrasi dokumen adminduk ke Identitas Kependudukan Digital.ungkap Sri.(D.S)

Posting Komentar



#
banner image