Antisipasi Kerusuhan Menjelang Pemilu 2024 Polres Langsa Telah Memperkuat Formasi Dalmas.

Daftar Isi

LANGSA, Indometro.Id- Tahap demi tahap menjelang pemilu Tahun 2024 mendatang akan menjadi tahun politik baru, dengan berbagai macam kerawanan gangguan keamanan meningkat hingga kerusuhan memungkinkan akan terjadi. 


Oleh karenanya, untuk antisipasi dan  menghadapi hal itu, Polres langsa khususnya dari Sat Samapta telah mempersiapkan team Dalmas yang kokoh, fisik yang kuat dalam berlatih pengendalian massa (Dalmas) secara rutin jika sewaktu-waktu terjadi konflik.


Dan mungkin, masyarakat tidak asing lagi ketika datang ke mapolres langsa melihat anggota yang lengkap dengan peralatan helm, tameng dan lainnya sedang berlatih dan mendengar suara gerakan Hu haa, hu haa.. hu haa.. hu haa..!


Seperti yang dilakukan Polres Langsa pada hari ini dan juga sebelum- sebelumnya  mereka telah berlatih kemampuan pengendalian massa (Dalmas) dengan menerjunkan para personel untuk memperkokoh dan mempertajam kemampuan dalam pengendalian kerusuhan.

Berbagai macam penanganan dan formasi disiapkan dan dilatih dengan matang sesuai dengan SOP. Sehinggga personel sudah siap diterjunkan jika terjadi kericuhan. Senin,( 18/09/2023).

Disela kegiatan tersebut, Kanit Dalmas Aiptu M.IQbal dan ianya juga merupakan Pelatih Dalmas itu menyampaikan tadi," untuk persiapan berbagai aksi unjuk rasa dalam hadapi tahapan pemilu 2004 mendatang, Kami personil Satsamapta Polres Langsa atas perintah dan atensi dari pimpinan, telah melaksanakan Latihan Rutin Dalmas atau Pengendalian massa, 

Ada pun latihan yang kita latih yang dipantau langsung oleh Kasat Samapta AKP, Dasril, SE., dan KBO Samapta tadi, yakni 4 (Empat) materi diantaranya, Peleton Dalmas Lanjud dengan peragaan Formasi Dalmas yaitu, Formasi bersaf, formasi banjar tiga, kemudian formasi paruh lembing 1 regu penutup dan sikap berlindung," jelas M.Ikbal

Kemudian, Kapolres Langsa, AKBP, Muhammadun, S.H., melalui Kasat Samapta, AKP, Dasril, SE., juga mengatakan," untuk mengasah dan memperkokoh kemampun Personil, seluruh anggota kita dari Sat Samapta Polres Langsa secara rutin melaksanakan latihan Dalmas.

"ini dilakukan supaya anggota benar -benar siap dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang khususnya di Kota Langsa Provinsi Aceh yang kita cintai ini, sehingga stabilitas politik dan keamanan tetap terjaga.

”Latihan ini kami laksanakan secara Rutin, disiplin dan semangat, agar anggota lebih siap melaksanakan tugas. Karena menjelang Pemilu biasanya susana agak hangat. Kami berharap tidak sampai terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat khususnya di wilayah Kota Langsa” ujarnya.

“Dan kami telah telah mempersiapkan dan membentuk team terbaik dari Sat Samapta dan memiliki pelatih yang profesional agar mahir dalam setiap gerakan pengendalian massa dan siap menjalankan tugas di lapangan yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Terlebih kami juga harus menyiapkan fisik untuk setiap tahapan kegiatan pemilu 2024 mendatang," Tutupnya.(RI) 

 

Posting Komentar



#
banner image