Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Pos UKK di Kabupaten Lumajang

Daftar Isi

Lumajang,Indometro.id.Kamis,21/9/2023.Kesehatan merupakan hak fundamental bagi setiap orang. Menurut Undang-Undang No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan  menyatakan bahwa upaya kesehatan bertujuan untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan.Untuk itu, perlu dilakukan melalui Upaya Kesehatan Kerja (UKK).

Acara ini di selenggarakan di Hall Hotel Gajah Mada,Jalan Panglima Sudirman.Di ikuti oleh 25 puskesmas.Rabu,20/9/2023.

Kordinator P2KB Basuki Rachmat mengungkapkan  "Kesehatan Kerja adalah suatu layanan untuk peningkatan dan pemeliharaan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi pekerja di semua jabatan, pencegahan penyimpangan kesehatan  yang disebabkan oleh kondisi pekerjaan, perlindungan kerja dari risiko akibat yang merugikan kesehatan, penempatan dan pemeliharaan pekerja dalam suatu lingkaran kerja yang merupakan adaptasi antara pekerjaan dengan manusia, dan manusia dengan jabatannya,"ungkap Basuki.






Selanjutnya Basuki menjelaskan bahwa di Lumajang terdapat beberapa pos – pos kesehatan. Yang sudah lama akrab ditelinga diantaranya adalah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Ada juga Posyandu Lansia dan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular). Pos kesehatan tersebut merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat. Sehingga masyarakat mampu secara mandiri mengenal dan mencegah permasalahan kesehatan yang ada di lingkungan sekitarnya,"ungkap Basuki. 

Pekerja  formal maupun informal di Lumajang harus mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik dan harus memperhatikan kesehatannya.  

"Sasaran pos kesehatan ini adalah kelompok pekerja terutama kelompok pekerja informal. 

" kelompok pekerja mayoritas dari kelompok  petani, industri rumah tangga, meliputi tahu,batik,kripik dan lain sebagainya harus memikirkan bagaimana upaya untuk meningkatkan keselamatan kerja yang optimal,"ungkap Basuki.







Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK) ialah bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal utamanya di dalam upaya promotif, preventif untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerja.

Prinsip Pos UKK ialah dari, oleh, untuk kelompok pekerja informal masyarakat.

Makin meningkatnya jumlah pekerja terutama sektor informal

Dari beberapa penelitian diketahui masyarakat pekerja banyak mengalami penyakit akibat kerja.

"Untuk mengetahui risiko pekerjaan, pengenalan risiko di tempat kerja,contoh APD dan membantu pemeriksaan kesehatan lebih awal .

Pos UKK Terintegrasi ialah Pos UKK yang dalam pelaksanaan kegiatan dan substansinya dipadukan dengan program atau kegiatan lainnya yang terdapat pada kelompok pekerja dan bentuk peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini, pemantauan faktor risiko pada penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja, pengendalian penyakit menular.


Harapan Basuki adalah pekerja mendapat pelayanan kesehatan secara terpadu dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat pekerja pada sektor usaha informal secara lebih efektif dan efisien.(D.S)

Posting Komentar



#
banner image