Bawaslu Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pringsewu

Daftar Isi
Pringsewu, indometro.id - Bawaslu Pringsewu menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 yang diikuti oleh Forkopimda, Stakeholder Terkait, Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Pringsewu, Panwaslu Kelurahan/Desa Se-Kabupaten Pringsewu yang digelar di area Nggruput Pringsewu, Minggu (19/11/2023).

Hadir dalam acara tersebut Anggota Bawaslu Lampung Imam Bukhori, Ketua Bawaslu Pringsewu Suprondi, Anggota Bawaslu Pringsewu Adam Malik, Koordinator Sekretariat Bawaslu Pringsewu Eko Subagiyo, Pj. Bupati diwakilkan Staf Ahli Hukum dan Politik, Hipni, S.E,. MM, Ketua KPU Pringsewu, Sofyan Akbar Budiman, M.Pd, Dandim 0424 TGM diwakilkan Pasi Intel, Kapten Inf Rahmat, S.Sos., Kapolres Pringsewu diwakilkan Kabag Ops, AKP I Made Indrawijaya, S.H. , Kaban Kesbangpol Pringsewu , Sukarman, S.Pd., Kasat Pol PP Pringsewu, Jahron, S.Pd,Partai Politik Se-Kabupaten Pringsewu, Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Pringsewu, Panwaslu Kelurahan/Desa Se-Kabupaten Pringsewu.

Ketua Bawaslu Pringsewu Suprondi menyampaikan tahapan kampanye akan dilaksanakan selama 75 hari, dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Ia mengajak seluruh peserta pemilu dan elemen masyarakat, termasuk tanggung jawab pendidikan politik, untuk turut serta dalam mencerdaskan masyarakat.

"Kami mengimbau agar tahapan kampanye ini dijadikan momen untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang demokrasi dan partisipasi dalam pemilu. Pendidikan politik yang dilakukan oleh Peserta Pemilu menjadi kunci penting agar masyarakat dapat membuat pilihan yang cerdas dan berkualitas," ujar Suprondi.

Suprondi juga menyoroti isu-isu yang perlu dihindari selama Pemilu 2024, antara lain Money Politik, Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), dan isu SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan). Bawaslu Pringsewu menegaskan komitmennya untuk menolak segala bentuk politisasi SARA yang berpotensi menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Suprondi menjelaskan bahwa Bawaslu Pringsewu berharap kampanye berlangsung dengan aman dan damai. Partai politik diingatkan untuk taat pada aturan yang sudah ditetapkan, berkampanye dengan riang gembira tanpa melanggar peraturan yang berlaku.

"Sebagai langkah konkret, Bawaslu Pringsewu mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam pengawasan tahapan pemilu 2024. Kolaborasi aktif antara Bawaslu, aparat keamanan, lembaga penyelenggara pemilu, dan masyarakat menjadi kunci utama untuk menjamin kelancaran dan keberhasilan Pemilu 2024 di Kabupaten Pringsewu," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Imam Bukhori menggarisbawahi pentingnya memiliki persepsi yang sama dalam rangka mensukseskan pemilihan umum yang akan datang.

"Kita harus memiliki kesamaan persepsi dalam konteks mensukseskan pemilihan ini karena ini merupakan hajat kita bersama. Pemilu adalah panggung demokrasi kita, dan kita harus menjadikannya sebagai sarana integrasi bangsa," ujar Imam.

Imam menegaskan bahwa suksesnya Pemilu 2024 harus dicapai secara bersama-sama, dengan komitmen dan konsistensi yang seragam dari semua pihak terkait. Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 di Kabupaten Pringsewu bukan hanya sebagai simbol, tetapi juga sebagai komitmen nyata untuk mewujudkan demokrasi yang berintegritas dan berkualitas.

"Demokrasi yang berintegritas dan berkualitas adalah tujuan besar kita. Dengan menjaga kondusifitas dan menghindari money politik, netralitas ASN, serta politisasi SARA, kita dapat memastikan bahwa Pemilu menjadi sarana integrasi bangsa yang mempersatukan republik ini," tambah Imam.

Imam Bukhori menyampaikan bahwa Kabupaten Pringsewu diharapkan dapat menjadi barometer bagi kabupaten-kabupaten lainnya dalam upaya menghilangkan money politik, memastikan netralitas ASN, dan menolak politisasi SARA.

"Kita bersama-sama memiliki tanggung jawab luas dan keseluruhan untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024. Melalui kesamaan persepsi dan komitmen bersama, kita dapat menciptakan Pemilu yang adil, bersih, dan berkualitas," pungkas Imam Bukhori.

Pj. Bupati diwakilkan Staf Ahli Hukum dan Politik, Hipni, S.E,. MM menyambut baik dilaksanakannya kegiatan deklarasi kampanye damai yang digelar Bawaslu Pringsewu.

"Semoga semangat untuk hadir disini dalam rangka mengemban amanah mensukseskan Pemilu 2024 tidak mengendorkan semangat kita semua yang hadir pada hari ini untuk melaksanakan sosialisasi, koordinasi dan konsolidasi dalam rangka mensukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang," ujarnya.

Rangkaian kegiatan ini memiliki arti penting bagi kita karena merupakan sebuah langkah besar menuju masa depan, dengan harapan akan adanya perubahan kearah yang lebih baik, peningkatan pembangunan kemajuan, dan kesejahteraan bagi kita semua. Oleh karena itu mari bersama-sama kita satukan gerak langkah, visi dan misi serta persepsi, dalam upaya mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu serta Pilkada Serentak Tahun 2024 mendatang. (*)

Posting Komentar



#
banner image