Beri Pemahaman Jurnalistik Dasar, FKWKP Gelar Jurnalis Go To School

Daftar Isi
Pringsewu, indometro.id - Forum Komunikasi Wartawan Kabupaten Pringsewu (FKWKP) mengadakan pelatihan dasar jurnalistik yang dilaksanakan di SMK dan SMA Yasmida Ambarawa, Selasa (21/11/2023).

Pelatihan dasar jurnalistik sangat penting untuk membantu siswa memahami dasar-dasar penulisan berita, etika jurnalistik, dan bagaimana cara melaporkan fakta dengan cara yang objektif dan seimbang. Ini juga bisa menjadi kesempatan yang baik bagi mereka untuk belajar tentang pentingnya jurnalisme dalam masyarakat kita.

Pelatihan dasar jurnalistik yang mengusung tema, "Jurnalis Go To School" menghadirkan narasumber yang juga wartawan senior, Tutor Manalu memberikan materi tentang jurnalistik.

Materi pelatihan dasar jurnalistik yang diharapkan bisa memberikan banyak pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi siswa antara lain tentang, Penulisan Berita: Siswa akan belajar bagaimana menulis berita dengan jelas dan objektif. Mereka akan memahami struktur berita dan bagaimana menyajikan fakta dengan cara yang mudah dimengerti. Etika Jurnalistik: Etika sangat penting dalam jurnalistik. Siswa akan belajar tentang pentingnya kejujuran, integritas, dan akurasi dalam melaporkan berita. Teknik Wawancara: Wawancara adalah bagian penting dari jurnalistik. Siswa akan belajar bagaimana menyiapkan pertanyaan, bagaimana mendengarkan dengan baik, dan bagaimana mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dari subjek wawancara. Literasi Media: Pelatihan ini juga bisa membantu siswa menjadi konsumen berita yang lebih cerdas, dengan memahami bagaimana berita dibuat dan bagaimana membedakan fakta dari opini atau berita palsu.

Ketua FKWKP kepada awak media disela-sela kegiatan mengatakan pihaknya berharap dengan adanya kegiatan pelatihan dasar jurnalistik di sekolah dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang jurnalistik secara utuh.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan juga dapat menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan pihak sekolah dalam memberikan pendidikan jurnalistik kepada siswa," tutupnya. (*)

Posting Komentar



#
banner image