Luar Biasa, Bawaslu Pringsewu Raih Penghargaan Nasional Terbaik Ke III Pengelolaan Kehumasan

Daftar Isi
Jakarta, indometro.id - Pencapaian yang luar biasa diperoleh Bawaslu Pringsewu setelah mendapatkan penghargaan terbaik ke III pengelolaan kehumasan dari Bawaslu Republik Indonesia yang diserahkan langsung oleh Lolly Suhenty di hotel Grand Paragon Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Bawaslu Pringsewu telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam mengelola hubungan mereka dengan publik dan media. Penghargaan ini juga menunjukkan bahwa Bawaslu Pringsewu telah berhasil dalam menyampaikan informasi dan komunikasi yang efektif kepada masyarakat. Itu sangat penting, terutama dalam konteks pengawasan pemilu.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Bawaslu Republik Indonesia pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Kehumasan Bawaslu Tahun 2023 dengan tema Membangun Kepercayaan Publik Melalui Kehumasan yang Berkualitas dalam Pengawasan Pemilu 2024.

Menurut Lolly Suhenty penghargaan ini dalam rangka penguatan program kerja dan apresiasi terhadap kinerja kehumasan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Ia mengatakan penguatan kegiatan kehumasan yang digelar Bawaslu Republik Indonesia menjadi langkah awal yang dilakukan Humas Bawaslu guna membangun kesadaran akan pentingnya fungsi kehumasan Bawaslu se-Republik Indonesia.

Ia menekankan pentingnya bagi humas di semua lembaga khususnya Bawaslu untuk berperan menyampaikan pesan informasi melalui wadah publikasi seperti situs website, media sosial, dan kegiatan konvensional. Bahwa menurutnya seluruh kegiatan kehumasan bertujuan mencerdaskan masyarakat mengenai arti penting Bawaslu dalam demokrasi sekaligus mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas, berpartisipasi aktif dalam pengawasan pemilu demi kemajuan demokrasi yang lebih baik.

Di depan peserta Lolly Suhenty mengajak menciptakan dan menyebarluaskan seluruh informasi baik yang bersifat edukatif, informatif, transformatif kepada sebanyak-banyaknya area jangkauannya. Salah satu ruang pencegahan yang harus dijalankan oleh divisi kehumasan yakni memastikan seluruh informasi yang tidak jelas menjadi jelas. Jangan ragu untuk menyampaikan ke publik.

Menurutnya Bawaslu memiliki kewenangan untuk menginvestigasi pelanggaran yang terjadi sesuai dengan koordivisi masing-masing.

"Publik perlu diberikan edukasi. Kehumasan dilarang memberikan informasi yang tidak akurat, juga tidak boleh mengabaikan sekecil apapun informasi yang berpotensi mengganggu proses pemilu. Oleh karena itu, humas yang baik akan selalu hadir dan bisa berproses. Apabila tidak terpenuhi dugaan pelanggaran tersebut bukan berarti Bawaslu tinggal diam. Hal yang tidak diperbolehkan oleh Humas Bawaslu adalah menyampaikan informasi yang tidak akurat," jelasnya.

Tiga Pimpinan Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar, Ahmad Qohar, Hamid Badrul Munir didampingi Widodo Wuryanto (Kepala Sekretariat), Indra Darmawan (Kepala Bagian Humas), serta Ketua Bawaslu Pringsewu Suprondi, Anggota Bawaslu Pringsewu Adam Malik ( Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat) beserta Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung hadir dalam acara tersebut.

Ketua Bawaslu Pringsewu, Suprondi, menyampaikan apresiasi dan kebahagiaannya atas prestasi gemilang yang diraih oleh Tim Humas Bawaslu Pringsewu. Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan kerja keras dan dedikasi tinggi dalam meningkatkan informasi, publikasi, dokumentasi, promosi, edukasi, dan literasi guna mendukung suksesnya Pemilu Tahun 2024.
 
Dalam pernyataannya, Suprondi menyatakan, turut berbangga, bahwa penghargaan ini adalah cerminan kerja keras Humas Bawaslu Pringsewu. 

"Mudah-mudahan dapat kita pertahankan dan tingkatkan prestasi ini," ujar Suprondi mencerminkan kebanggaan atas pencapaian tim yang telah berperan besar dalam menciptakan pemahaman yang lebih baik bagi masyarakat terkait proses Pemilu.

Sementara itu, Adam Malik, Anggota Bawaslu Pringsewu (Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat) menegaskan bahwa prestasi ini bukan hanya milik Humas Bawaslu Pringsewu, tetapi juga merupakan hasil kerja keras dari Keluarga Besar Bawaslu Pringsewu. 

"Kita turut berbangga, ini bukan hanya hadiah bagi Humas Bawaslu Pringsewu, melainkan hadiah buat seluruh keluarga Besar Bawaslu Pringsewu. Dukungan dan perhatian dari seluruh Pimpinan dan Sekretariat menjadi atensi dan motivasi bagi tim Humas dalam bekerja. Mudah-mudahan kita dapat meningkatkan solidaritas dan prestasi kita," ungkapnya dengan penuh semangat.

Penghargaan ini menjadi cambuk positif bagi Bawaslu Pringsewu untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kontribusinya dalam menciptakan lingkungan Pemilu yang transparan, adil, dan partisipatif. Komitmen mereka untuk meningkatkan informasi, publikasi, dokumentasi, promosi, edukasi, dan literasi akan menjadi pilar utama dalam menyukseskan Pemilu Tahun 2024.

Bawaslu Pringsewu mengajak semua pihak untuk terus memberikan dukungan, agar semangat dan dedikasi ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi penyelenggaraan demokrasi di Pringsewu dan sekitarnya.

Penghargaan ini bukan hanya sebuah prestasi individu, melainkan kemenangan bersama yang dirayakan oleh semua yang terlibat dalam perjalanan Bawaslu Pringsewu. Melangkah maju, Bawaslu Pringsewu akan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan demokrasi. (*)

Posting Komentar



#
banner image