Dinas Pertanian dan Pangan Bener Meriah Melakukan Pendataan Persediaan Hewan Ternak Menjelang Meugang Ramadhan 1445 H/2024 M

Daftar Isi


BENER MERIAH || Indometro.id - Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Bener Meriah telah melakukan pendataan persediaan hewan ternak di kabupaten tersebut menjelang hari Meugang Ramadhan 1445 Hijriah.

Kadis Pertanian dan Pangan, Kabupaten Bener Meriah, Ir Abadi melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Perikanan, Drh. Ismail Harun, Senin (26/2/2024) mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh di lapangan jumlah kerbau dan sapi yaitu 294 ekor.

"Biasanya pasokan hewan ternak ternak di dari dalam daerah kita hanya bisa menutupi 30 persen kebutuhan masyarakat di Bener Meriah. Sedangkan sisanya didatangkan dari luar daerah dan untuk unggas atau ayam di Bener Meriah ada 22.980 ekor,” rinci Ismail Harun.

Disebutkan, selain melakukan pendataan, pihaknya juga akan melakukan pengecekan kesehatan untuk hewan-hewan ternak yang akan disembelih pada hari meugang nanti.

"Mengecekan ini bertujuan untuk mencari gejala klinis penyakit hewan menular dan zoonosis, mencegah kontaminasi dari hewan atau bagian dari hewan yang menderita penyakit," jelasnya.

Lebih lanjut Ismail Harun menyebutkan, untuk menentukan status hewan dapat disembelih, ditunda atau tidak boleh dipotong, tentu agar nanti daging yang dikonsumsi oleh masyarakat dalam kondisi Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Ismail Harun menambahkan, nanti di hari meugang pertama dan kedua akan ada petugas yang akan turun ke pasar - pasar daging di Bener Meriah untuk memastikan daging yang dijual pedagang dalam kondisi ASUH.(*).

Posting Komentar



#
banner image