Stop Kecurangan, Mari Kita Jaga TPS

Daftar Isi


Pemilihan umum tinggal 13 hari lagi. Berbagai pihak menilai pentingnya penyelenggara pesta demokrasi ini untuk dapat menggelarnya sesuai dengan tahapan. Termasuk mengawasi kegiatan pencoblosan hingga penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS)

 ( Dikutip dari laman resmi ANTARA/Foto : Adeng Bustomi/wpa)


Sebagaimana diketahui, pada Pemilu 2024 masyarakat Indonesia yang telah memiliki hak pilih akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPR, DPR, dan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Momentum pemilu sangat penting bagi demokrasi dan perjalanan bangsa, setidaknya untuk lima tahun ke depan.

Begitu strategisnya hajatan ini, sehingga wajar jika banyak pihak mengkhawatirkan adanya kecurangan, khususnya saat hari pencoblosan. Karenanya para capres-cawapres dan tim pemenangnya mengingatkan kepada pendukung untuk menjaga TPS, guna mencegahku terjadinya kecurangan.

Selain itu, masyarakat diharapkan dapat menghormati perbedaan pilihan politik masing-masing. Berbeda pilihan politik adalah hal wajar dalam negara demokrasi, karena kalau seragam pada satu pilihan saja, maka bukan demokrasi tetapi monarki.

Potensi pelanggaran dan kecurangan dalam pemilu tentu dapat menodai wajah demokrasi yang terus kita bangun. Karena itu publik harus ikut mengawasi dari proses pemungutan suara di TPS, hingga penghitungan suara demi mencegah kecurangan di Pemilu 2024.

Lebih dari itu, seluruh komponen masyarakat termasuk aparat negara selaku wasit dalam pemilu diharapkan tetap netral. Pemilu adalah agenda kebangsaan, maka apabila pemilu cacat akibat kecurangan, pemerintah yang terbentuk dikhawatirkan tidak mendapat kepercayaan masyarakat. 

Ayo kita jaga TPS !!!!

Posting Komentar



#
banner image