Wisuda Ke-119, Rektor UNNES Tekankan Pentingnya Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Politik

Daftar Isi


Indometro.id, Kota Semarang
- Universitas Negeri Semarang (UNNES) memulai tahun 2024 dengan sukses menggelar upacara wisuda bagi 986 lulusan di Gedung Auditorium UNNES pada Selasa (6/2/2024). Tak hanya menjadi momentum perayaan akademis semata, tetapi juga untuk mendorong para wisudawan dalam memahami peran politik dalam membangun bangsa.


Wisuda ke-119 ini diikuti oleh 986 lulusan yang terdiri dari 10 lulusan program doktor, 92 lulusan program magister, 880 lulusan program sarjana, dan 4 lulusan program diploma


Rektor Universitas Negeri Semaranag Prof. Dr. S Martono, M.Si. menekankan bahwa memperoleh gelar baru adalah sebuah tanggung jawab besar.


“Setelah diwisuda akan memiliki gelar baru sebagai diploma, sarjana, magister, dan doktor. Gelar itu menunjukan bahwa saudara sekalian adalah orang terdidik yang  memiliki tanggung jawab besar di masyarakat. Tanggung jawab itu menuntut Saudara untuk berpikir, berucap, dan bertindak benar sesuai dengan keyakinan dan norma-norma yang berlaku dan sesuai dengan ilmu yang saudara pelajari,” kata Prof. Martono dalam sambutannya.

Ia juga menyoroti bahwa di era digital ini informasi dapat tersebar secara mudah, sehingga tahu informasi yang baik dan tidak, serta diharuskan memilih sumber terpercaya yang teruji kebenarannya.


"Masyarakat terdidik harus tahu mana jenis informasi yang layak dipublikasi dan tidak. Dalam mengolah, menyampakan informasi yang akurat, terpercaya dan teruji kebenaranya," tegasnya


Pentingnya pemahaman tentang politik juga disoroti oleh Prof. Martono. Dia menekankan bahwa di tengah gejolak politik, penting bagi masyarakat terdidik untuk memahami sistem politik dan peran mereka dalam proses demokrasi.


"Kita semua tahu bahwa moment politik ini, akibat gesekan ide dan pilihan. Hal itu perlu disikapi secara bijak agar tidak berkembang menjadi perpecahan atau bahkan permusuhan. Masyarakat terdidik seharusnya memiliki pemahaman yang baik tentang sistem politik dan pemilu, agar dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu dengan kesejukan," tuturnya


UNNES, sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen tinggi terhadap kualitas pendidikan, tidak hanya fokus pada aspek akademik semata. Mereka juga berupaya keras dalam pembentukan karakter dan kepribadian yang tangguh bagi para lulusannya.


Sementara itu salah satu wisudawati terbaik Fina Nayla Farha S.Pd memberikan pesan inspiratif kepada rekan-rekannya.


"Marilah kita berikan sumbangsih terbaik dengan hal baik, landasan karakter bagi bangsa, keluarga, lingkungan dan almamater Universitas Negeri Semarang ini,"


UNNES juga mendorong para alumni untuk terus berperan aktif dalam pembangunan masyarakat. Mereka diharapkan menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar.



Posting Komentar



#
banner image