Diskusi Kebangsaan KNPI Bersama BEM Se-Kabupaten Bengkayang Dalam Rangka Menjaga KAMTIBMAS

Daftar Isi

 



Indometro.id - Bengkayang

Pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2024 sekira pukul 14.30 Wib bertempat di Cafe Rasa Jl. Bengkayang-Singkawang Kelurahan Bumi Emas, Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang telah dilaksanakan kegiatan Diskusi Kebangsaan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Kabupaten Bengkayang dalam rangka Menjaga Kamtibmas pasca Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Bengkayang.


Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bengkayang, Yakobus,Kepala Disporapar Kabupaten Bengkayang diwakili oleh Yeremias,Ketua DPD KNPI Kabupaten Bengkayang, Albert Pandur Sae Pudaba,Anggota KNPI Kabupaten Bengkayang berjumlah 10 orang, BEM Akmen Bumi Sebalo (ABS) Bengkayang berjumlah 5 orang,BEM Sekolah Tinggi Theologia (STT) Reformed Bengkayang berjumlah 5 orang, BEM Sekolah Tinggi Theologi (STT) Humble Bengkayang berjumlah 5 orang.


Sambutan Ketua DPD KNPI Kabupaten Bengkayang Albert Pandur Sae Pudaba mengucapkan trima kasih atas kehadiran saudara saudari sekalian yg telah menghadiri diskusi kebangsaan oleh KNPI bersama BEM dalam rangka menjaga kamtibmas pasca Pemilu 2024 di Kabupaten Bengkayang.


Lanjut Ketua KNPI kegiatan ini untuk saling bertukar pendapat mengenai isu-isu nasional yg menyangkut politik, sehingga diharapkan kita semua dapat menyimak dengan baik apa yg akan disampaikan oleh narasumber agar kita bijak menyikapi suasana Pemilu 2024 khususnya di Kab. Bengkayang yg sudah berjalan aman damai dan kondusif.


Terkait Pemilu 2024 saat ini hanya menyisakan pelaksanaan Pilkada pada bulan November nanti sehingga apa yang sudah terjadi tentunya menjadi pedoman dan pengalaman kita bersama dalam mengawal pesta demokrasi serta mendukung setiap kebijakan Pemerintah untuk kesejahteraan warga masyarakat.


Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bengkayang, Bpk. Yakobus dalam sambutannya mengatakan yang pertama sangat mengapresiasi kepada KNPI yg sudah mengumpulkan BEM di Kab. Bengkayang untuk mendiskusikan isu-isu aktual terkait rangkaian pelaksanaan Pemilu 2024 yang sudah berjalan saat ini.


Pemilu Serentak 2024 menjadi sejarah bagi masyarakat Indonesia karena Pemerintah melalui KPU selaku penyelenggara langsung melaksanakan 5 (lima) pemilihan yaitu Pilpres-Wapres, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota, terkait Pilkada diselenggarakan pada 27 November 2024 untuk memilih Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota.


Dan sebuah negara bisa terwujud berkat komitmen masyarakat yg sebelumnya menganut sistem kerajaan sepakat berganti menjadi suatu negara yg berdemokrasi dengan dihuni oleh berbagai kalangan suku bangsa.


Banyak beranekaragam agama dan budaya tak luput dari perbedaan pendapat oleh warga masyarakat Indonesia serta merupakan hal yang wajar namun tentunya wajib disikapi dan dijaga dengan baik komunikasi yang telah dipersatukan melalui komitmen kebangsaan didalam 4 Pilar yaitu NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila.


Kita sebagai warga negara setiap manusia telah memiliki dasar sebagai individu seperti hak asasi, sehingga Negara menjamin hak asasi setiap warga negaranya yg tertuang dalam UUD 1945.


Saat ini kita telah diberikan hak demokrasi yakni seperti salah satunya bisa memilih langsung Presiden dan Wakil Presiden, tentunya kita harus bijak dan harus dapat berfikir secara rasional terkait masa depan bangsa demi kemajuan suatu negara.


Pada Pemilu 2024 ini kita melihat bahwasanya tinggal menyisakan Pilkada, didalam menentukan keberhasilan demokrasi terdapat hak pilih dalam wujud angka Pemilu atau disebut DPT yang disesuaikan dengan jumlah masyarakat untuk berpartisipasi menentukan hak pilih.


Sementara untuk Penyelenggara Pemilu dapat dikatakan sukses apabila berhasil menjalankan tugas tanpa di intervensi oleh siapapun dengan mengedepankan integritas, profesionalisme dan transparansi yang dipublikasikan melalui media berita sehingga hasilnya dapat diterima dengan baik oleh warga masyarakat untuk menghindari terjadinya konflik sosial.


Kepala Kesbangpol Kabupaten Bengkayang Yakobus mengatakan sampai saat ini khusus di Kabupaten Bengkayang mengenai suasana Pemilu 2024 masih dinyatakan aman dan kondusif, semua berkat kerjasama KPU, PPK, PPS, KPPS, Bawaslu, TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat",Pungkas Yakobus.


Selesai kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Deklarasi Pemilu Damai oleh KNPI Kabupaten Bengkayang bersama Badan Eksekutif Mahasiswa di Bengkayang , adapun isi Deklarasi tersebut yang pertama Mendukung Hasil Keputusan Pemilu 2024 Yang Dikeluarkan Dan Ditetapkan Oleh KPU yang kedua Terimakasih Kami Ucapkan Kepada KPU, PPK, PPS, KPPS, BAWASLU, TNI-POLRI Dan Seluruh Elemen Masyarakat Kabupaten Bengkayang atas kerja keras kita bersama didalam menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan Tertib dan Aman.


* RA / JVL

Posting Komentar



#
banner image